Sukses

Operasional 5 Kereta Api Tambahan Arus Balik Mudik Lebaran di Daop 7 Madiun Diperpanjang

Sampai dengan H2+9 tanggal 2 Mei 2023, keberangkatan penumpang kereta api dari sejumlah stasiun besar di Daop 7 Madiun masih cukup tinggi, utamanya di Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

Liputan6.com, Madiun - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur menyebut masih banyak masyarakat yang melakukan perjalanan balik pada momentum angkutan Lebaran 2023.

Untuk itu, Daop 7 Madiun memperpanjang operasional lima kereta api tambahan hingga 7 Mei seiring tingginya permintaan angkutan mudik balik Lebaran.

"Kereta api tambahan selama masa angkutan lebaran sebelumnya beroperasi sampai tanggal 2 Mei 2023. Namun, permintaan yang cukup tinggi, sehingga diperpanjang operasionalnya hingga 7 Mei 2023," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Supriyanto di Madiun, dilansir dari Antara, Rabu (4/5/2023).

Lima KA tambahan yang diperpanjang operasionalnya dan melintas di Daop 7 Madiun yaitu KA Brantas tambahan relasi Blitar-Pasar Senen pp, KA Gajayana tambahan relasi Malang-Gambir pp, KA Malioboro Ekspes relasi Yogyakarta-Malang pp, KA Pasundan tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong pp, dan KA Tambahan relasi Pasarturi - Surabaya Gubeng-Gambir pp.

Menurut dia, sesuai data sampai dengan H2+9 tanggal 2 Mei 2023, keberangkatan penumpang kereta api dari sejumlah stasiun besar di Daop 7 Madiun masih cukup tinggi, utamanya di Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

"Pada hari Selasa (2/5) kemarin, tercatat penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 10.547 penumpang," kata Supriyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Tunda Jadwal Mudik

Ia menilai, keberangkatan yang tinggi tersebut terjadi karena masih banyak masyarakat yang menunda jadwal kembali ke tempat kerjanya. Selain itu, masyarakat lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi di masa lebaran.

"Ini dikarenakan KA memberikan kenyamanan, keamanan, serta ketepatan waktu. Selama masa lebaran 2023, ketepatan waktu perjalanan kereta api mencapai 99,6 persen," katanya.

Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit penumpang di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Semarang, Solo, dan Bandung.

"Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, situs web kai.id, pusat layanan 121, dan berbagai mitra penjualan resmi lainnya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.