Sukses

BPBD Lumajang Imbau Wisatawan Waspadai Gelombang Tinggi Saat Liburan Lebaran di Pantai Selatan

Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Atma Teguh Pambudi mengatakan, pihaknya menyiagakan sejumlah personel di pos pengamanan pantai selatan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

 

Liputan6.com, Lumajang - Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Atma Teguh Pambudi mengatakan, pihaknya menyiagakan sejumlah personel di pos pengamanan pantai selatan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

Satu tim akan berpatroli keliling memantau sepanjang pantai selatan Lumajang yang menjadi pusat kegiatan wisata masyarakat saat libur lebaran.

Di Lumajang, ada beberapa objek wisata pantai selatan yang selalu padat pengunjung saat libur lebaran, yaitu pantai sepanjang wilayah Kecamatan Yosowilangun, Kunir, Tempeh, Pasirian dan Tempursari.

"Kita mulai hari ini, 3 personel kualifikasi SAR laut per pos dan 5 personel mobiling," kata dia, Rabu (26/4/2023).

Para personel TRC BPBD Lumajang kata dia, juga dibekali dengan sejumlah peralatan untuk menunjang tugas pengamanan dan penyelamatan.

"Kita bekali dengan ringbuoy sama pelampung untuk melakukan pemantauan di objek wisata Bahari di Lumajang," ujarnya.

Selain siaga pos pengamanan, tim yang terdiri dari unsur TNI Polri, SKD, TRC BPBD dan Relawan juga sosialisasi berupa imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada apalagi dengan gelombang yang besar.

“Masyarakat langsung kita beritahu langsung akan potensi gelombang tinggi yang terjadi di laut. Sehingga liburannya biar tetap ceria dan menyenangkan,” paparnya.

Beberapa destinasi wisata unggulan di Lumajang siap memikat hati para wisatawan, karena sangat menarik untuk dikunjungi.

Diiantaranya, Air Terjun Tumpak Sewu Desa Sidomuoyo Kecamatan. Pronojiwo, Goa Tetes Desa Sidomulyo Kecamatan. Pronojiwo, Tirto Sari View Desa Penanggal Kecamatan. Candipuro.

Kemudian, Hutan Bambu Desa SumberMujur Kecamatan. Candipuro, You and I Garden Desa Sumbermujur Kecamatan. Candipuro, Kali Sejuk Desa Purwosono Kecmatan. Sumbersuko, Tumpak Selo Desa Petahunan Kecamatan. Sumbersuko, Bumi Perkemahan Glagah Arum Desa Kandang Tepus Kecamatan. Senduro, Air Terjun Kapas Biru Kecamatan. Pronojiwo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata B29

 

Selanjutnya, B29 Puncak Desa Argosari Kecamatan Senduro, Air Terjun Watu Lapis Desa Pasrujambe Kecamatan. Pasrujambe, Ranu Klakah Kecamatan. Klakah, Ranu Bedali Kecamatan. Ranuyoso, Kebun Teh Kertowono Anjungan Kenangan Kecamatan. Gucialit.

Dan, Pantai Mbah Drajid Kecmatan. Yosowilangun, Pantai Dampar Desa Gondoruso Kecamatan. Pasirian, Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar Awar, Water Park KWT Wonorejo Kecamatan. Kedungjajang, Pemandian Tambo Raya Idaman dan Sirkuit Sepatu Roda Tambo Raya, serta Pemandian Alam Selokambang Desa Purwosono Kecamatan. Sumbersuko.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.