Sukses

Resmi Ajukan Tawaran ke FIFA, Argentina Kandidat Kuat Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Argentina resmi mengajukan diri ke FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia.

 

Liputan6.com, Jakarta - Argentina resmi mengajukan diri ke FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia.

"Argentina telah mengajukan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia, yang dicabut statusnya sebagai tuan rumah," kata Presiden FIFA Gianni Infantino, dikutip dari Antara, Jumat (31/3/2023).

Argentina menjadi satu-satunya negara yang sudah mengajukan tawaran resmi. FIFA masih menunggu tawaran lain dalam dua sampai tiga hari ke depan sebelum memutuskan tuan rumah baru.

"Kita tau sepak bola Argentina dan tentunya mereka dapat menjadi tuan rumah kompetisi di kalangan usia ini," kata Infantino.

Infantino menyatakan, ada negara lain yang juga menyatakan minat, tetapi dalam pencalonan dengan pemerintah dan jaminan lainnya, Argentina adalah kandidat pertama.

"Kami akan membuat keputusan dalam dua hingga tiga hari ke depan," tambah Infantino.

Federasi sepak bola Argentina (AFA) memang terus memantau peluang menjadi tuan rumah sejak FIFA meragukan keamanan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menyusul polemik penolakan keikutsertaan tim nasional Israel dari sejumlah pihak diantaranya Gubernur Bali dan Jawa Tengah serta terkait Tragedi Kanjuruhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Terancam Sanksi

Indonesia sebenarnya dijadwalkan akan menjadi penyelenggara ajang dua tahunan itu pada 20 Mei hingga 11 Juni, tetapi FIFA memutuskan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah menyusul kegagalan pelaksanaan undian grup di Bali pada Jumat (31/3).

Selain gagal menjadi tuan rumah, Indonesia kini bakal terancam memperoleh sanksi berat dari FIFA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.