Sukses

3 Kapal di Pelabuhan Jangkar Situbondo Siap Layani Mudik ke Madura, Lolos Uji Kelaikan Jalan

Otoritas Pelabuhan Penyebarangan Jangkar Situbondo menyatakan arama kapal yang melayani rute Jangkar- Madura telah siap untuk angkutan mudik Lebaran tahun 2023 ini.

Liputan6.com, Situbondo - Otoritas Pelabuhan Jangkar Situbondo menyatakan, armada kapal yang melayani rute Jangkar-Madura siap untuk angkutan mudik Lebaran 2023.

Kordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Eko Rochman menyatakan, tiga armada kapal feri rute Situbondo- Madura itu laik dan siap untuk angkutan mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Jadi beberapa waktu lalu kami dari Balai Pengelolaan Transportasi Darat atau BPTD sudah melaksanakan uji kelaikan kapal penumpang rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep Madura,” ujarnya Rabu (15/3/2023).

Kata Eko, uji kelaikan kapal penumpang dilaksanakan sebelum memasuki angkutan mudik Lebaran sesuai instruksi Kementerian Perhubungan sebagai upaya meningkatkan pengawasan untuk pemenuhan persyaratan kelaikan kapal penumpang.

Sedangkan tiga kapal feri yang sudah dilakukan uji kelaikan itu, kata dia, yaitu KMP Wicitra Dharma 1 (Satya Kencana), KMP Dharma Kartika dan KMP Munggiyango Hulalo.

Ketiga kapal penupang itu dilakukan uji kelaikan ketika bersandar di Pelabuhan Jangkar, mulai dari SDM, Kelaikan mesin, alat keselamatan seperti jaket pelampung dan lainya,” tambahnya.

Dari hasil uji kelaikan tiga armada kapal penumpang, menurutnya, dinilai sudah laik beroperasi untuk angkutan mudik Lebaran 2023 rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Kalianget, Pulau Sapudi, Pulau Raas, dan Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep Madura.

“Pastinya rumchek dan uji kelaikan kapal penupang yang kami lakukan tujuan utamanya peningkatan keselamatan pelayaran menghadapi angkutan mudik lebaran," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Diprediksi Meningkat

Sementara itu, Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) Maman Surahman mengatakan, dua kapal feri KMP Wicitra Dharma 1 (Setya Kencana) dan KMP Dharma Kartika siap beroperasi selama angkutan mudik Lebaran 2023.

Alhamdulillah untuk perbaikan atau docking waktunya masih lama sekitar bulan Agustus, dengan demikian dua kapal perusahaan kami siap beroperasi untuk angkutan Lebaran,” tuturnya.

Menurutnya pada angkutan mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan melonjak setelah dicabutnya kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pihaknya juga melakukan antisipasi untuk menambah jadwal trip pelayanan kapal feri.

“Jadi kami siap menambah trip pelayanan kapal feri guna mengurai kepadatan calon penumpang atau calon pemudik yang akan menyeberang ke beberapa kepulauan di Kabupaten sumenep,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.