Sukses

Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga Jember, 3 Orang Luka-luka

Puluhan rumah di Jember rusak akibat dihantam angin puting beliung yang terjadi di Desa Sukomakmur Kecamatan Ajung, Jember. Selain rumah 3 orang warga juga mengalami luka-luka.

Liputan6.com, Jember - Puluhan rumah di Kabupaten Jember, Jawa Timur rusak akibat dihantam angin puting beliung yang terjadi di Desa Sukomakmur Kecamatan Ajung. Selain itu, tiga orang dikabarkan mengalami luka-luka akibat bencana tersebut.

“Kami bersama muspika setempat sudah cek lapangan dan mendata kerusakan yang ditimbulkan di Desa Sukomakmur, Kecamatan Ajung,” ujar Kepala BPBD Jember Sigit Akbari, Selasa (28/2/2023).

Sementara untuk tiga warga yang terluka tersebut diketahui bernama Siti Fatimah (35) dan Fatima (80) mengalami luka di kepala akibat tertimpa genteng. Sedangkan Imam Fadoli (46) mengalami luka di kepala dan tangan patah karena terjatuh ketika memperbaiki atap rumahnya saat angin putting beliung menerjang.

“Berdasarkan data yang masuk ada 91 rumah yang terdampak angin putting beliung mengalami kerusakan baik rusak ringan, sedang maupun berat,” tuturnya.

Selain puluhan rumah kata diam beberapa fasilitas umum seperti masjid dan mushalla, serta peternakan ayam terdampak angin puting beliung di Dusun Langsatan. Selian itu, belasan pohon tumbang menimpa rumah maupun bangunan lainya

“Untuk kerusakan paling parah menimpa Masjid Baitul Muttaqin karena tandon air yang ada di belakang masjid terempar  hingga ke depan dan atap tempat wudhu juga beterbangan,”tambah Akbari.

Dia menambahkan, hingga saat ini tim gabungan masih terus melakukan penanganan di lokasi terdampak angin puting beliung, Sedangkan warga sebagian sudah memperbaiki rumahnya.

“Untuk korban luma sudah dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.