Sukses

BPBD: Petasan yang Meledak di Blitar Disiapkan untuk Perayaan Lebaran Idul Fitri 2023

Tiga orang tewas dan satu orang masih hilang akibat pesatan yang meledak di rumah warga di Dusun Tegalrejo Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Blitar pada Minggu malam, 19 Februari 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Tiga orang tewas dan puluhan luka-luka akibat pesatan yang meledak di rumah warga di Dusun Tegalrejo Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Blitar pada Minggu malam, 19 Februari 2023.

Kalaksa BPBD Blitar Ivong Bettryanto menyatakan, ledakan dahysat yang terjadi disebabkan oleh tumpukan bahan peledak atau obat petasan yang ada di rumah Darman. Rencananya petasan tersebut akan digunakan untuk perayaan lebaran Idul Fitri 2023.

"Iya betul. Rencananya bubuk mercon itu akan digunakan untuk lebaran nanti. Tapi keburu meledak," jelasnya. 

Kapolres Blitar Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Argowiyono mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan sterilisasi hingga 100 meter dari jarak lokasi ledakan. Selain itu, sejumlah anggota kepolisian juga berjaga-jaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini polisi juga melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) awal di lokasi kejadian. Dalam insiden ledakan itu, satu orang dinyatakan meninggal dunia, yakni pemilik rumah yang diketahui bernama Darman (65).

Berdasarkan keterangan dari ketua rukun tetangga dan tetangga korban, selain korban Darman yang menempati rumah tersebut, ada juga kedua anaknya bernama Aripin dan Widodo. Pada saat kejadian ledakan juga ada saudaranya yang bernama Wawa kebetulan bermain di rumah tersebut.

"Korban ledakan teridentifikasi meninggal dunia adalah pemilik rumah, sementara tiga orang masih tertimbun di reruntuhan. Kemungkinan meninggal karena ditemukan potongan tubuh," kata Argowiyono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Rumah Warga yang Terdampak

Daftar KerusakanKerusakan Harta Benda:

• RT.1 RW.13 Dsn Tegalrejo Ds Karangbendo Kec Ponggok:

1. Pak Darmanket : Sumber ledakan berada di rumah pak darman Rt 1 rw 13 (Rusak Berat/Hancur)

Rusak Ringan:

2. Bu Misirah

3. Pak jito

4. Mbah janu

5. Pak Sumaji

6. Pak rusmin

7. Pak Salim

8. Pak mulyadi

9. Resa

10. Pendi

11. Supini

12. Sunarko

13. Teguh santoso

14. Maryono

15. Mbah Musijo

16. Susanto

• RT.1 RW.14 Dsn Tegalrejo Ds Karangbendo Kec Ponggok: (Rusak Ringan)

1. Darno

2. Pak jadi

3. Masjid (Fasum)

4. Farid

5. Puji sasmita

6. Pak parni

7. Yanto

8. Arip

9. Pak kabul

10. Par

11. Gunawan

12. Pingi

13. Mut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.