Sukses

Longsor Terjang 6 Kecamatan di Pacitan, Tidak Ada Korban Jiwa

Salah satunya terjadi di Dusun Ketos, Desa Wonodadi Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan was-was akan terjadi longsor yang berada di perbukitan yang berpotensi mengarah ke pemukiman warga.

Liputan6.com, Pacitan - Longsor menerjang sejumlah kawasan permukiman di enam kecamatan Pacitan. Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko mengatakan daerah-daerah yang melaporkan adanya kejadian longsor ada di Kecamatan Kebonagung, Arjosari, Tulakan, Bandar, Tegalombo serta Sudimoro.

Belum ada laporan korban jiwa akibat longsor ini. Namun beberapa rumah dipastikan terdampak dan mengalami kerusakan.

"Untuk korban jiwa sejauh belum ada laporan. Tapi kalau kerusakan ada beberapa, tapi berapa (jumlahnya) sampai saat ini tim kami masih melakukan pendataan," kata Erwin, Rabu (15/2/2023).

BPBD Pacitan telah mengerahkan tim reaksi cepat ke titik-titik lokasi bencana guna melakukan kesiagaan sekaligus pendataan. Tak hanya itu, upaya mitigasi kini sedang dioptimalkan. Pasalnya, beberapa titik rawan longsor terpantau mengalami pergeseran tanah dengan bidang cukup luas sehingga mengancam pemukiman di bawahnya. 

Salah satunya terjadi di Dusun Ketos, Desa Wonodadi Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan was-was akan terjadi longsor yang berada di perbukitan yang berpotensi mengarah ke pemukiman warga.

Kades Wonodadi Kulon Misto menyampaikan, tanah gerak di wilayahnya terjadi pasca turun hujan dengan intensitas tinggi sejak Selasa (14/2) sore tadi pukul 17. 00 WIB hingga malam. Hal itu menyebabkan Sebanyak 35 KK (105 Warga) mengungsi memilih tempat yang aman.

"Sementara ini pihak Pemerintah Desa, jajaran Polsek Ngadirojo dan jajaran Koramil Ngadirojo serta tenaga Nakes menyiapkan tempat tempatyang aman untuk 105 warga yang mengungsi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Penanganan Cepat

 

Karena kondisinya serba darurat dan butuh penanganan cepat, pengungsi ditampung di Balai Dusun Ketos, kios-Kios kosong di sekitar dan rumah warga yang sekiranya aman dari longsoran.

"Kami juga sudah melaksanakan imbauan kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika hujan dengan intensitas tinggi kembali terjadi agar segera mengamankan diri dan seluruh keluarganya ke tempat yang lebih aman dari risiko longsoran," kata Misto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.