Sukses

Peternak Lobster Banyuwangi Panen Cuan, Ekspor Awal Tahun 2023 Melonjak

Liputan6.com, Byuwangi Peternak lobster di Banyuwangi menuai rejeki nomplok seiring melonjaknya permintaan ekspor lobster dari berbagai negara pada awal 2023.

Permintaan lobster itu datang dari sejumlah negara di Asia Timur, seperti China, Hong Kong, hingga Taiwan. Banyaknya Permintaan komoditas lobster, pelaku budidaya lobster di Banyuwangi mengaku kewalahan untuk memenuhinya.

“Hari-hari biasa ini permintaan perminataan lobseter terus naik. Terlebih lagi  menjelang Imlek kemarin permintaan lobster meningkat drastis," kata Hadiyanto pengurus Kampung Lobster Banyuwangi, Selasa (24/1/2023)

Harga lobster milik pembudidaya di Kemanduran, Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi ini pun naik menjadi Rp 550 ribu per kilogram dari sebelumnya berkisar antara Rp 200 ribu per kilogramnya.

Hadiyanto menjelaskan, untuk pasar ekspor terdapat beragam jenis lobster yang diminati. seperti lobster Mutiara, lobster Pasir, lobster Batik, serta sejumlah jenis lobster lainya.

“Yang banyak dicari jenis lobster itu, kaya lobster Mutiara, lobster Pasir itu banyak sekali peminatnya, sampai kita kewalahan memenuhi permintaan,”tambahnya

Kata Hariyanto, dalam satu kali pengiriman saja Kampung Lobster Banyuwangi bisa memenuhi kebutuhan pasar hingga 500 kilogram lebih.

"Lobster kita kirim ke Hongkong, Taiwan dan khususnya China dengan seluruhnya harus dalam keadaan hidup," tegasnya.

Namun meningkatnya permintaan pasar luar negeri, tidak seiring dengan pemintaan kebutuhan lokal karena pangsa pasarnya tidak ada peningkatan dan cendrung stabil.

“Permintaan konsumen lokal tak berubah yakni masih stabil seperti biasanya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Permintaan Lobster di Pasar Lokal Stabil

Kata dia, untuk permintaan lokal, Rata-rata lobster beku. Hal itu berbeda dengan permintaan luar negeri.

"Kalau luar Negeri lobsternya harus hidup kalau lokal justru minta yang beku" jelasnya

Menurutnya, pelanggan untuk pasat lokal sebagian besar yaitu restoran, dan perhotelan, akan tetapi kata dia, ada juga sejumlah rumah makan yang sering meminta pasokan lobster.

“Rata-rata sebagian besar untuk lokal yang memasan restoran dan hotel, terkadang ada juga rumah makan seperti di kawasan pelengsengan itu ada juga yang meminta dikirim lobster,”pungkasnya

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS