Sukses

Cuaca Membaik, Pelabuhan Jangkar Situbondo Kembali Beroperasi

Sebelumya penyeberangan Situbondo- Madura tersebut, sempat terhenti selama dua pekan akibat cuaca buruk di wilayah laut Selat Madura.

Liputan6.com, Situbondo - Penyeberangan di Pelabuhan Jangkar Situbondo yang melayani rute Situbondo menuju sejumlah pulau di Sumennep kembali beroperasi.

Sebelumya penyeberangan Situbondo-Madura tersebut, sempat terhenti selama dua pekan akibat cuaca buruk di wilayah laut Selat Madura.

Berdasarkan rekomendadi dari Badan Metereoogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa peta cuaca sudah hijau dari sebelumnya merah. Itu artinya cuaca sudah membaik.

“Ada dua Kapal Motor Penumpang yang sudah berangkat hari ini. Yaitu tujuan Kangean dan Raas,” ujar Kordinator UPT Pelabuhan  Pengampu Regional  Banyuwangi Wilker Jangkar Tri Wahyono, Jumat (6/1/2023).

Kata dia, seluruh penumpang tujuan sejumlah kepulauan di Madura sudah terangkut dengan menggunakan KMP Dharma Kartika untuk tujuan Pulau Raas dan KMP Hulalo untuk tujuan Pulau Kangean.

“Untuk penumpang sudah terangkut semua. Namun untuk kendaraan tidak full masih kami batasi karena ombak belum sepenuhnya normal. Karena perlu berhati- hati,” tambahnya.

Meski kapasitas terbatas karena cuaca belum normal. Untuk kendaraan kata dia, sebagian besar sudah dapat terangkut.

Keberangkatan kapal ini, disambut gembira oleh para penumpang tujuan Madura tersebut. Bahkan untuk meluapkan kegembiraanya sampai ada penumpang yang melakukan sujud syukur.

Karena mereka sudah menginap menunggu  beroperasinya kapal tujuan Pulau Raas dan Pulau Kangean itu sudah 15 hari. Dan selama itu, mereka harus rela menginap di terminal Pelabuhan Jangkar Situbondo.

"Alhamdulillah diberangkatkan, setelah menunggu belasan hari akhirnya dapat menyeberang,” ujar Gojali, salah satu penumpang asal Kepulauan Raas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Jangkar Tutup Selama 2 Minggu

Diinformasikan sebelumnya, kapal penyeberangan tujuan  Pulau Madura ditutup sementara sejak 23 Desember 2022 lalu karena cuaca ekstrem. Penumpang yang sudah terlanjur berada di Pelabuhan Jangkar Situbondo terapaksa harus rela menunggu sampai kapal kembali beroperasi.

BMKG sebelumnya merekomendasikan ombak di Selat Madura dan sekitarnya diperkirkan baru akan membaik 8 Januari 2023. Namun  saat ini otoritas Pelabuhan telah mengizinkan kapal yang melayani penyebrangan  Situbondo- Madura Kembali beroperasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.