Sukses

Kunjungan Wisatawan di Banyuwangi Naik 3 Kali Lipat saat Libur Nataru 2023

Kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, pada libur Panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini naik hingga 3 Kali Lipat.

Liputan6.com, Banyuwangi Kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023 ini naik hingga 3 kali lipat.

Seperti salah satunya kunjungan wisatawan di destinasi wisata Bansring Underwater (Bunder) Banyuwangi, yang mencapai 600 orang per harinya. Jumlah tersebut naik 3 kali lipat dari hari-hari biasanya yang hanya berkisar 200 orang per hari.

“Alhamdulillah naik cukup signifikan sejak libur panjang Nataru dimulai. Hingga Selasa ini (27/12/2022) berdasarkan data kami (Bunder) wisatawan yang berkunjung menyentuh angka 600 orang, jadi kenaiakianya sudah 3 kali lipat,” ujar pengelola destinasi wisata Bansring Underwater, Ikhwan Arif, Selasa (27/12/2022) kepada liputan6.

Kata Ikhwan, sebagaian besar wisatan yang berkunjung merupakan wisatawan lokal Banyuwangi. Selain itu ada juga wisatawan dari luar kota, seperti dari Jember, Situbondo, dan Surabaya yang juga memilih Bunder untuk berlibur.

“Untuk wisatawan manca negara persentasenya sangat kecil tidak sampai 1 persen. Selama ini kunjungan wisatawan masih didominasi wisatawan domistik. Baik dari lokal Banyuwangi maupun luar Banyuwangi,” tambah Ikhwan.

Ikhwan Arif menambahkan, untuk memanjakan para wisatawan, pengelola Bansring Underwater telah menyiapkan sejumlah kegiatan. Di antaranya di Bansring Underwater para pelancong diajak untuk menanam trumbu karang di laut Selat Bali.

“Sudah kita siapkan ribuan trumbu karang  untuk pengunjung atau wisatawan.  Jika ada wisatawan yang mau melakukan penamanan trumbu karang akan kita fasilitasi. Karena konsep Destinasi Wisata Bansring Underwater merupakan wisata edukasi. Jadi bisa liburan juga bisa melakukan konservasi,” paparnya.

Ikhwan memprediksi, jumlah kunjungan wisatawan masih akan terus bertambah sampai tahun baru 2023 nanti.

“Kita prediksi, kunjungan wisatawan di Bansring Underwater ini hingga tahun baru 2023 nanti akan tembus 1000 orang per harinya. Karena momen libur Panjang Nataru ini juga bertepatan dengan libur sekolah sehingga wisatawan  benar-benar memanfaatkan libur Panjang ini untuk refresing bersama keluarganya,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1,4 Juta Wisatawan Kunjungi Banyuwangi

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi mencatat selama kurun waktu 11 bulan ini, destinasi wisata di Banyuwangi dikunjungi 1,4 juta wisatawan.

Terdapat 13 Destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2022 ini. Destinasi tersebut tersebar di penjuru Kabupaten Banyuwangi. Mulai dari Pantai Marina Boom Banyuwangi, Taman Nasional Alaspurwo.

Pantai Pulau Merah, Pantai Cacalan, De Djawatan, Grand Watu Dodol (GWD) Desa Wisata Tamansuruh, Jopuro, Akbar Zoo Banyuwangi, Bansring Underwater, Sendang Seruni, Kawah Ijen dan Pantai Cemara Banyuwangi.

“Peningkatan Kunjungan Wisatawan tahun ini mencapai 27 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramuda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.