Sukses

3 Komoditas Andalan Lumajang Resmi Terdaftar di Kementan, Apa Saja?

Menurutnya, masing-masing komoditas yang menjadi produk unggulan tersebut telah memiliki beragam keunikan tersendiri, seperti Durian Kembang.

Liputan6.com, Lumajang - Tiga komoditas buah unggulan khas Lumajang resmi terdaftar menjadi varietas di Kementerian pertanian (Kementan).

Sertifikat tanda daftar varietas tanaman yang dikeluarkan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian tersebut, meliputi durian kembang, salak pronojiwo dan pisang pakak kresek majang.

“Kita telah mendapatkan sertifikat bahwa komoditas kita sudah terdaftar, dan resmi menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Lumajang,” Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lumajang Hairil Diani, Sabtu (24/12/2022).

Menurutnya, masing-masing komoditas yang menjadi produk unggulan tersebut telah memiliki beragam keunikan tersendiri, seperti durian kembang.

Jenis durian tersebut memang sudah tak asing lagi dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat Lumajang. Tidak hanya soal rasa, Jenis durian ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapatnya bunga di bagian dalam durian.

“Keunikan durian ini adalah terdapat bunga di bagian dalam durian,”kata dia.

Hariril juga mengatakan, selain durian kembang, salak pronojiwo juga tercatat menjadi salah satu produk unggulan Lumajang. Bahkan buah yang satu ini juga telah akui oleh pemerintah pusat.

“Ada salak Pronojiwo ini juga sudah diakui oleh pemerintah pusat sebagai komoditi produk unggulan di Lumajang,”terangnya

Selain itu, Pisang Pakak Kresek Majang, juga dinilai tidak kalah menarik. Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan  bahwa pisang pakak kresek  juga memiliki beberapa keunggulan jenis pisang ini diungkapkan petani di Ranuyoso memilliki ketahanan terhadap virus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliki Harga Bagus

Tidak Hanya itu, pisang yang bercita rasa manis dan lembut ini juga memiliki harga yang bagus di pasaran yakni berkisar Rp500-Rp700 ribu per tandan.

“Pisang pasang kresek ini menjadi unggulan komoditas pertanian karena mampu menembus harga Rp 500-Rp700 ribu akan menjadi hasil pertanian yang dapat menghidupi petani dan mensejahterakan para petani,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.