Sukses

Telkomsel Bagikan Paket Data untuk Petugas dan Relawan Erupsi Semeru

Liputan6.com, Surabaya - Vice President Consumer Sales Area Jawa Bali PT Telkomsel Riny Novitriyanti mengungkapkan, pihaknya telah menyalurkan bantuan awal berupa 250 kilogram beras, 20 dus mie instan,100 voucher fisik 2.5 GB khusus untuk relawan dan petugas bencana erupsi Semeru.

“Semua bantuan sudah kami kirimkan ke lokasi Posko Pengungsian Utama di Lapangan Candipuro Lumajang. Kami berharap bantuan awal dari Telkomsel ini untuk meringankan sementara kebutuhan pokok para pengungsi agar tidak kekurangan asupan makanan,” ujarnya, Senin (5/12/2022).

Untuk bantuan berikutnya, Riny menjelaskan, sesuai informasi yang diterima, kebutuhan mendesak pengungsi yakni pampers, tissue kering, tissue basah, masker, bantal, tikar, susu UHT dan obat-obatan ringan.

"Sedangkan para relawan membutuhkan masker, APD, senter, helm dan lampu emergency yang memang penting dipakai saat bertugas membantu para pengungsi," ucapnya.

Kondisi lapangan di hari kedua paska erupsi Gunung Semeru, Riny mengatakan, sesuai informasi di Posko Pengungsian Utama, jumlah pengungsi saat ini sekitar 460 orang. Pada 4 Desember 2022 kemarin, jumlah pengungsi mencapai 2.100 orang.

Sedangkan kondisi network quality Telkomsel di wilayah Lumajang dan area yang terdampak erupsi tetap bagus untuk coverage Posko Utama.

“Kualitas jaringan ini juga menjadi hal yang penting, mengingat korban maupun warga yang terdampak erupsi membutuhkan untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga yang ada di daerah lain," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Listrik Menyala

Sebelumnya, General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran mengungkapkan, pihaknya bekerja keras mengerahkan petugas dan berbagai peralatan kerja untuk pulihkan jaringan kelistrikan pasca erupsi Gunung Semeru pada Minggu 4 Desember 2022.

"Setelah berhasil mengalihkan tegangan listrik dari Penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampelgading Kabupaten Malang pada pukul 19.30 WIB, kemarin malam, secara bertahap PLN melakukan penormalan gardu-gardu distribusi yang terdampak," ujarnya, Senin (5/12/2022).

 Hingga pukul 21.24 WIB, kemarin malam, dengan didukung 29 personel gabungan, tim PLN telah berhasil memulihkan pasokan listrik sebanyak 116 gardu distribusi dari 121 gardu yang sebelumnya terdampak, pasokan listrik ke 28.917 pelanggan kembali normal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS