Sukses

Jemaah Haji Asal Banyuwangi Wafat di Tanah Suci, Kemenag Siapkan Surat Resmi

Zaenal menyampaikan Siti Aminah meninggal dengan didiagnosa kardium megali, infark miukat akut dan hipertensi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Seorang jemaah haji asal Banyuwangi Siti Aminah binti Mualif (62), meninggal di Tanah Suci. Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Banyuwangi Zaenal Abidin membenarkan kabar tersebut.

"Almarhumah meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, pagi tadi," kata Zaenal Abidin saat dikonfirmasi, Kamis (14/7/2022).

Zaenal menyampaikan Siti Aminah meninggal dengan didiagnosa kardium megali, infark miukat akut dan hipertensi. Sejak 7 Juni 2022, Siti Aminah sudah mengeluhkan sakit. Selanjutnya dirujuk KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia).

"Beliau malamnya ke Arafah, karena sakit pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dirujuk ke KKHI. Pukul 11.00 WAS kembali ke hotel, pukul 12.00 WAS dirujuk lagi karena stroke," kata Zaenal. Siti Aminah kemudian dinyatakan meninggal pada Rabu (13/7/2022), pukul 07.45 WAS di KKHI.

"Almarhumah merupakan jemaah haji asal Bangorejo Banyuwangi, yang tergabung dalam kloter 28," jelas Zaenal.

Zaenal menyebut, pihaknya akan membuat surat resmi kepada pihak keluarga terkait kabar duka tersebut.

"Walaupun pihak keluarga sudah mendengar, kami akan secara resmi berkirim surat. Apakah keluarga menghendaki dimakamkan di rumah atau di sana," jelas dia.

Kata Zaenal, keputusan diserahkan sepenuhnya kepada pihak keluarga. "Karena jika dibawa pulang ke Indonesia, pembiayaan ditanggung keluarga," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

444 Jemaah

Pihaknya juga akan koordinasi dengan Tim Kesehatan Haji Indonesia yang ada di Mekkah. Termasuk kita minta penjelasan dari ketua kloter.

Kemenag Banyuwangi turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Siti Aminah. "Beliau sudah menjalani safari wukuf, lempar jumrah dibadalkan," tandasnya.

Sebagai informasi, jemaah haji asal Banyuwangi yang berangkat ke tanah suci, tahun ini berjumlah 444 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.