Sukses

Banyak Makam Bersejarah, Armuji Ajak Warga Rawat Pusara Leluhur Kota Surabaya

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengajak warga Kota Pahlawan untuk merawat, memelihara, dan menjaga makam dan petilasan leluhur sebagai bentuk penghormatan.

Liputan6.com, Surabaya - Kota Surabaya, Jawa Timur menjadi tempat bagi sejumlah peninggalan sejarah yang penting untuk dirawat dan dilestarikan. Salah satu peninggalan yang perlu diperhatikan adalah berupa makam para leluhur.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengajak warga Kota Pahlawan untuk merawat, memelihara, dan menjaga makam dan petilasan leluhur sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa mereka dan agar tidak lupa dengan sejarah.

"Generasi muda harus tahu sejarah. Jangan melupakan sejarah karena itu bisa membuat kita tidak tahu arah," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022), dilansir dari Antara.

Di Kota Surabaya, ada Makam Sawunggaling di kawasan Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri; Makam Eyang Yudo Kardono di Jalan Cempaka, Kecamatan Tegalsari; Makam Joko Jumput di Jalan Praban, Kecamatan Bubutan; serta Makam Mbah Buyut Tondo dan Joglo Cak Markeso di Kampung Ketandan, Kecamatan Tegalsari.

Armuji mengatakan bahwa leluhur yang dimakamkan di permakaman-permakaman tersebut berperan dalam "babat alas", pembukaan lahan baru, dan pengembangan wilayah Surabaya.

Menurut dia, Raden Sawunggaling dan Eyang Yudo Kardono merupakan leluhur yang berperan dalam pembukaan dan pengembangan wilayah Surabaya.

Armuji mengatakan bahwa pada tahun 2014, pada masa pemerintahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Makam Yudo Kardono ditetapkan sebagai cagar budaya.

"Sekarang kita teruskan dengan melestarikan cagar budaya beserta tradisi yang hidup di tengah masyarakat sekitarnya," kata Armuji.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno berharap pemerintah kota memperhatikan perawatan situs-situs bersejarah, termasuk makam dan petilasan lelulur, di Surabaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makam Joko Jumput

Salah satu makam keramat di Kota Surabaya yang penting unutk diperhatikan lebih adalah Makam Joko Jumput.

"Salah satu makam yang perlu mendapat perhatian adalah Makam Joko Jumput. Joko Jumput disebut sebagai tokoh sejarah yang 'babat alas' Surabaya. Yang selama ini kompleks makamnya belum pernah tersentuh Pemkot Surabaya," kata dia.

Sebagai warga asli Surabaya, Anas Karno berharap kompleks makam itu dijadikan sebagai kawasan cagar budaya agar lebih terawat.

"Supaya warga Surabaya tahu kalau di sini ada makam sejarah yang 'babat alas' Surabaya. Kalau sekarang ini saya yakin banyak warga yang tidak tahu. Apalagi keberadaannya dihimpit oleh dua toko sepatu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.