Sukses

5 Fakta Menarik Kabupaten Tuban, Terkenal dengan Julukan Bumi Wali

Semanding menjadi kecamatan di Tuban yang memiliki wilayah padat penduduk dengan jumlah 118.995 jiwa. Sedangkan Kenduruan adalah kecamatan yang paling sepi, dengan jumlah penduduk hanya 30.544 jiwa.

Liputan6.com, Tuban Tuban adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang wilayahnya berada jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa. Kabupaten Tuban memiliki luas wilayah 1.904,70 km dengan panjang pantai mencapai 65 km.

Batasan-batasan wilayah Tuban antara lain, di utara berbatasan dengan Laut Jawa, di timur dengan Lamongan, di selatan dengan Bojonegoro, serta di barat dengan Rembang dan Blora Jawa tengah.

Melansir laman resmi Tuban, berdasarkan hasil registrasi tahun 2018 Kabupaten Tuban memiliki jumlah penduduk 1.285.147 jiwa yang terdiri dari 644.151 laki-laki dan 640.966 perempuan.

Semanding menjadi kecamatan di Tuban yang memiliki wilayah padat penduduk dengan jumlah 118.995 jiwa. Sedangkan Kenduruan adalah kecamatan yang paling sepi, dengan jumlah penduduk hanya 30.544 jiwa.

Selain itu, masih ada fakta menarik tentang Tuban yang mesti Anda ketahui. Yuk simak selengkapnya lima fakta menarik Tuban yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bumi Wali

Kabupaten Tuban menyandang julukan Bumi Wali. Hal ini tidak terlepas dari sejarah tempo dulu, yakni Tuban sebagai pusat penyebaran ajaran agama Islam.

Gelar Bumi Wali juga tidak terlepas dari banyaknya makam wali di Tuban, terutama dari kalangan Wali Songo. Salah satunya adalah Sunan Bonang yang lokasi makamnya berada di Kelurahan Kutorejo, sebelah barat Masjid Agung Tuban.

2. Kota Tuak

Selain Bumi Wali, Tuban juga dijuluki sebagai Kota Tuak lantaran kabupaten ini terkenal dengan penghasil minuman tuak dan legen yang berasal dari sari bunga siwalan.

Jika bertandang ke Tuban, Anda akan menjumpai banyak warung-warung kecil yang berjualan tuak. Meminum tuak sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Tuban.

 

3 dari 4 halaman

3. Kota Seribu Goa

Tuban juga disebut sebagai Kota Seribu Goa. Julukan tersebut disandang Tuban karena memiliki banyak goa yang dapat dikunjungi. Beberapa goa terdapat stalaktit dan stalakmit.

Lokasi Tuban yang berada di deretan Pegunungan Kapur Utara membuat daerahnya memiliki banyak goa. Beberapa goa yang terkenal di Tuban di antaranya Goa Akbar dan Goa Putri Asih.

4. Banyak Penghargaan

Tuban juga termasuk kabupaten yang punya banyak prestasi. Tahun 2021 Tuban mendapatkan 11 penghargaan, baik dari daerah maupun nasional.

Lima penghargaan terakhir tahun 2021 yang diraih Kabupaten Tuban di antaranya 10 besar dari 410 Kabupaten/Kota Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIH) Terbaik, penghargaan Natamukti, penghargaan East Java Tourism Award Terbaik Keempat Daya Tarik Wisata Budaya, penghargaan Implementasi Program Smart City Kategori Smart Governance menuju Smart City, dan Penghargaan Percepatan Pembangunan Desa Provinsi Jawa Timur kategori Pratama.

 

4 dari 4 halaman

5. Sektor Unggulan Pertanian

Sektor unggulan Kabupaten Tuban adalah pertanian, khususnya tanaman pangan. Sektor pertanian menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Tuban agar semakin tumbuh.

Padi menjadi komoditas tanaman pangan yang paling diunggulkan di Tuban setelah jagung, kacang tanah, dan ubi kayu.

Potensi di Tuban yang dapat dikembangkan dari sektor lain adalah pertambangan dolmit, minyak dan gas bumi, pariwisata, dan dari pelabuhan laut.

Selain lima fakta menarik yang telah disebutkan, Tuban juga memiliki kebudayaan asli yang sangat beragam. Budaya asli Tuban yang cukup terkenal adalah sandur dan reog.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.