Sukses

CFD Jalan Kertajaya Surabaya Dibuka Lagi Minggu Besok, Cek Syaratnya untuk Datang

CFD Jalan Kertajaya mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Suharto Wardoyo menyatakan, hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jalan Kertajaya akan kembali diberlakukan pada Minggu 19 Desember 2021.

CFD Jalan Kertajaya mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Ada pembatasan, maksimal 300 orang. Di setiap titik pintu masuk dan keluar akan dipasang scan QR Code PeduliLindungi," kata Suharto, Jumat (17/12/2021).

Menurut dia, penerapan itu disesuaikan dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya No 67 Tahun 2020 tentang Penerapan Prokes dalam Rangka Pencegahan dan Memutus Mata Rantai penyebaran COVID-19 di Surabaya.

Perwali tersebut bukan hanya berlaku bagi pengunjung, tetapi juga untuk para pedagang kaki lima (PKL). Selama CFD berlangsung, PKL dilarang berjualan di area Jalan Kertajaya untuk menghindari terjadinya kerumunan di area tersebut.

Untuk mendukung hal itu, Suharto menyebut, Pemkot Surabaya juga akan melakukan penutupan Jalan Kertajaya saat pelaksanaan CFD, di antaranya mulai dari perempatan Jalan Kertajaya-Jalan Dharmawangsa hingga ke arah timur menuju ke perempatan Jalan Kertajaya-Jalan Menur.

"Karena CFD khusus untuk masyarakat yang akan berolahraga. Sedangkan pedagang dilarang masuk, tidak boleh untuk berjualan, khusus olahraga," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajib Vaksin Lengkap

Suharto WArdoyo menuturkan setiap pengunjung yang datang ke area CFD, diwajibkan sudah mengikuti vaksinasi dosis lengkap.

"Pasti, sebelum masuk area CFD akan dicek suhu tubuhnya dan diminta untuk cuci tangan. Di titik-titik strategis akan kami sediakan juga wastafel dan hand sanitizer," katanya.

Selain itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya juga akan mendirikan posko kesehatan di lokasi selama CFD berlangsung. Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berolahraga di CFD Jalan Kertajaya.

Tidak lupa, Anang juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan berkunjung ke CFD, agar tetap disiplin mematuhi dan menerapkan prokes ketat. Meskipun sedang berolahraga, petugas akan mewajibkan untuk memakai masker atau face shield.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.