Sukses

Kota Kediri Punya Kelas Ibu Hamil, Ini Detailnya

Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri membuka kelas ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB)

Liputan6.com, Surabaya- Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri membuka kelas ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Salah satu kegiatan kelas ibu hamil di Kota Kediri itu adalah senam bersama.

Menurut Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Feronica, faktor penentu keselamatan ibu dan bayi adalah dari kesehatan ibu selama masa kehamilan. Oleh karena itu, pemkot selalu mendampingi ibu hamil agar ibu serta anaknya sehat.

"Kami terus berupaya mendampingi para ibu hamil terutama yang berisiko untuk menjalani masa hamilnya dengan sehat dan bugar dengan pemantauan lewat kader dan bidan,” ujar Bunda Fey, sapaan akrab Ferry Silviana, di Kediri, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (14/11/2021).

Kepala Puskesmas Wilayah Sukorame Gretta menyebutkan kegiatan kelas ibu hamil di wilayah puskesmas ini dilakukan selama empat kali dalam setahun. Tujuannya, untuk membekali para ibu hamil dengan beberapa pengetahuan gaya hidup sehat selama masa hamil dan persiapan menuju melahirkan.

Kegiatan kelas yoga bumil dibuka untuk persiapan masa persalinan. Gerakan yoga ini akan membantu para ibu hamil untuk melatih teknik pernafasan dan menjaga postur untuk persiapan masa persalinan

Pertemuan sebelumnya juga diberikan materi tentang nutrisi bayi agar terpenuhi sehingga tidak hanya AKI dan AKB yang ditekan, melainkan juga pencegahan stunting.

Selain itu, ia juga menyampaikan pada masa ini memang ibu hamil rentan terpapar Covid-19.

“Para ibu hamil dapat menjaga kondisi tubuhnya dan mengurangi mobilitas di luar rumah,” ucapnya.

Sebelumnya, saat kondisi kasus Covid-19 masih tinggi, Puskesmas di Kota Kediri khususnya Puskesmas Sukorame memberikan pendampingan melalui kunjungan langsung dan membuka konsultasi melalui daring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.