Sukses

Petugas Pakai Kostum Superhero Warnai TPS 14 Surabaya

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 14 Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur memakai kostum superhero pada pelaksanaan Pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara untuk menarik perhatian warga agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Salah satunya petugas memakai kostum hero di Surabaya, Jawa Timur.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 14 Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur memakai kostum superhero pada pelaksanaan Pilkada 2020.

Ketua KKPS 14 Kelurahan Jeruk, Dwi Sulistiawan menuturkan,  mereka memilih menggunakan kostum superhero agar menjadi perhatian warga sehingga mereka menggunakan hak suaranya di Pilkada Surabaya.

"Ini untuk menarik warga agar mau menggunakan hak pilihnya," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu (9/12/2020).

Meski demikian, di TPS 14 Surabaya yang berada di kawasan komplek perumahan Citraland ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Warga yang akan mencoblos diwajibkan diukur temperatur badannya dan wajib menggunakan masker serta cuci tangan.

Masuk ke petugas pendaftaran dua petugas dengan menggunakan masker yang berpakain Superman yang dilengkapi pelindung wajah.

Setelah itu, ada petugas yang memberikan surat suara yang berkostum ala Romawi serta Batman dan Superman. Di bagian bilik suara, juga ada petugas berkostum Captain America komplit dengan membawa tameng dan juga pedang.

Setelah mencoblos dan memasukkan surat suara, petugas berkostum Spiderman siap memberi tinta tetes sebagai tanda sudah menggunakan hak suara. Warga yang usai mencoblos menyempatkan diri berfoto. Selain itu panitia juga menyiapakan lokasi khusus untuk berfoto.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TPS Unik Cukup Berpengaruh

Menurut Sulistiawan, di TPS 14 Kelurahan Jeruk jumlah pemilih yang masuk DPT sebanyak 337. Hingga pukul 10.30 WIB sekitar seratus warga yang sudah menggunakan hak suaranya.

"Sampai jam segini sudah dapat DPT 125. Nanti ditutup jam 13.00 WIB," ujar dia.

Sementara itu, anggota KPU Surabaya Subairi mengatakan TPS unik ini cukup berpengaruh menarik para pemilih menggunakan haknya di Pilkada Surabaya 2020.

"Apalagi foto TPS unik sudah diviralkan. Jadi, orang yang belum ke TPS akhirnya ke TPS," tutur dia.

Warga Surabaya yang bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Surabaya 2020 berjumlah 2.089.027 terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.016.395 dan perempuan pemilih sebanyak 1.072.632. Sementara untuk jumlah TPS di Surabaya dalam Pilkada Serentak 2020 ada 5.184 TPS yang tersebar di seluruh kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.