Sukses

Sederet Kabar Baik dari Jawa Timur untuk Sambut Akhir Pekan

Berikut sejumlah kabar baik dari Jawa Timur pada pekan ini yang dirangkum pada Sabtu, 18 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif COVID-19 di Jawa Timur masih menunjukkan kenaikan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pasien baru positif COVID-19 bertambah 255 orang menjadi 17.829 orang pada Jumat, 17 Juli 2020.

Sementara itu, pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah 387 orang menjadi 8.313 orang hingga 17 Juli 2020. Di satu sisi, pasien meninggal bertambah 37 orang menjadi 1.338 orang.

Pada pekan ini, angka kesembuhan Corona COVID-19 melonjak di Jawa Timur. Angka kesembuhan pasien dari Corona COVID-19 bertambah antara 200-500 lebih selama sepekan. Pada Selasa, 14 Juli 2020, tambahan pasien sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 521 orang. Hal itu menjadi kabar baik seiring ada tambahan pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Jawa Timur.

Selain itu,  Kabupaten Lamongan menjadi daerah dengan kondisi risiko sedang penyebaran COVID-19 dari sebelumnya berstatus daerah risiko tinggi. Hal ini seiring akumulatif kesembuhan sudah mulai mendominasi.

Selain angka kesembuhan pasien COVID-19 meningkat di Jawa Timur, kabar baik lainnya akademisi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Budi Purwoko berbagi cara menangani stres akibat pandemi COVID-19. Salah satunya dengan metode emotional freedom technique (EFT).. Budi menilai, metode EFT ini sangat mudah dipelajari dan dipratikkan oleh siapa saja.

Ingin tahu kabar baik lainnya pada pekan ini dari Jawa Timur? Berikut rangkumannya ditulis Sabtu, (18/7/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Catat Rekor, Pasien Sembuh Corona COVID-19 di Jawa Timur Bertambah 521 Orang

Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Jawa Timur melonjak. Tercatat ada tambahan pasien sembuh sebanyak 521 orang pada 14 Juli 2020. 

Tambahan pasien sembuh tersebut termasuk terbanyak. Sebelumnya pasien sembuh dari Corona COVID-19 terbanyak terjadi pada 10 Juli 2020 yang mencapai 318 orang.

Dengan tambahan pasien sembuh tersebut sehingga total pasien sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 7.476 orang. Tambahan pasien sembuh itu antara lain dari Kota Surabaya sebanyak 125 orang menjadi 3.705 orang. Demikian mengutip data Dinas Kominfo yang diunggah di instagram @JatimPemprov, Rabu, 15 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 11 halaman

Tambahan Pasien Sembuh COVID-19 Terbanyak di Jawa Timur pada 13 Juli 2020

Jawa Timur masih mencatatkan kasus baru Corona COVID-19 terbanyak di Indonesia pada Senin, 13 Juli 2020. Akan tetapi, posisi Jawa Timur di posisi dua dengan tambahan pasien baru COVID-19 sebanyak 219 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto menuturkan, ada pemeriksaan sebanyak 13.100 spesimen sehingga total pemeriksaan menjadi 1.074.467 spesimen. Dari pemeriksaan tersebut, didapatkan kasus konfirmasi positif sebanyak 1.282 orang sehingga total 76.981 orang.

Kalau dilihat dari sebarannya antara lain DKI Jakarta melaporkan 281 kasus baru dan 208 sembuh, kemudian selanjutnya Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 11 halaman

Jumlah Kesembuhan Meningkat, Lamongan Masuk Zona Risiko Sedang COVID-19

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kini menjadi daerah dengan kondisi risiko sedang penyebaran COVID-19, dari sebelumnya berstatus daerah risiko tinggi, karena data akumulatif kesembuhan sudah mulai mendominasi.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lamongan, dr Taufik Hidayat mengatakan, berdasarkan data epidemiologi dari Pusat Aplikasi Bersatu Lawan COVID-19 yang dirilis setiap pekan, secara akumulatif jumlah pasien positif yang sembuh di Kabupaten Lamongan lebih banyak dibanding pasien positif yang dirawat, Senin, 13 Juli 2020.

Taufik yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan itu mengatakan meskipun masih ada penambahan jumlah pasien positif, tetapi penambahan jumlah pasien sembuh jauh lebih banyak.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 11 halaman

Unair Segera Evaluasi Hasil Uji Klinis Obat Penawar COVID-19

Universitas Airlangga (Unair) akan segera evaluasi terhadap hasil uji klinis lima kombinasi obat penawar COVID-19 yang ditemukan peneliti Unair.

Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih menuturkan, obat penawar COVID-19 sedang diuji di sejumlah rumah sakit di Lamongan, Kediri, RS Unair, dan RSPAD.

"Saat ini sedang diuji di sejumlah rumah sakit di Lamongan, Kediri dan RS Unair (RSUA) serta RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto) Jakarta. Hasil uji klinisnya akan kami evaluasi dalam seminggu hingga dua minggu ke depan," tutur  Prof Nasih di Surabaya, Selasa, 14 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 11 halaman

Penanganan Stres Pakai Metode EFT ala Dosen Unesa

Akademisi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Budi Purwoko berbagi cara menangani stress akibat pandemi Covid-19. Stres muncul karena orang dipaksa untuk tetap berada di rumah saat pandemi.

“Untuk menangani masalah emosi bisa dengan metode Emotional Freedom Technique (EFT),” ujarnya dalam kegiatan web seminar (webinar) bertema "EFT untuk Menjaga Kestabilan Emosi Peserta Didik dan Guru saat Pandemi Covid-19" yang dipantau di Bondowoso, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu, 15 Juli 2020.

Ia menilai metode EFT ini sangat mudah dipelajari dan dipraktikkan oleh siapa saja. Metode yang dikembangkan oleh Gary Craig, dari Stanford University, itu pada prinsipnya mengajarkan cara seseorang melepaskan emosi negatif atau sebaliknya menguatkan emosi positif dengan cara yang sangat mudah dan efeknya sangat cepat dirasakan oleh klien.

Berita selengkapnya baca di sini

7 dari 11 halaman

Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Jatim Tertinggi secara Nasional Selama Sepekan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mencatat jumlah recovery rate (angka kesembuhan) pasien COVID-19 selama satu minggu ini tertinggi secara nasional.

Pada Rabu 15 Juli 2020, sebanyak 521 orang di Jatim dinyatakan sembuh dari COVID-19. Dengan penambahan tersebut, total jumlah kesembuhan di Jatim sebanyak 7.479 orang atau setara dengan 43,45 persen. 

"Alhamdulillah, selama tujuh hari berturut-turut angka kesembuhan di Jatim menempati posisi pertama. Dan hari ini, adalah angka kesembuhan tertinggi selama seminggu terakhir," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Berita selengkapnya baca di sini

8 dari 11 halaman

Lumbung Pangan Jatim Jangkau 28 Daerah

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperluas layanan Lumbung Pangan Jatim menjadi 28 daerah karena tingginya permintaan masyarakat untuk berbelanja melalui transaksi dalam jaringan (daring).

"Sebelumnya 19 daerah terlayani, tapi saat ini bertambah sembilan daerah lagi yang bebas ongkos kirim," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dikonfirmasi di Surabaya, Rabu malam, 15 Juli 2020.

Sembilan daerah tambahan layanan Lumbung Pangan Jatim yaitu Kabupaten Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Jember, Kota/Kediri, dan Kota/Kabupaten Blitar, dilansir dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

9 dari 11 halaman

150 Ibu Hamil di Surabaya Jalani Tes Swab, Jelang Persalinan Bakal Dites Ulang

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar tes swab atau tes usap yang ditujukan kepada ibu hamil di usia kehamilan (UK) 37 minggu. Hal ini untuk melindungi kondisi kesehatan ibu hamil agar benar-benar bebas dari COVID-19.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Convention Hall, Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya pada Selasa, 14 Juli 2020. Ada 150 orang peserta ibu hamil yang mengikuti tes swab ini dari berbagai puskesmas se-Surabaya.

"Kemarin ibu hamil jumlahnya ada 150 orang yang kami swab. Mereka langsung kami swab tidak menunggu rapid test. Jadi yang swab ini bukan dari hasil rapid test reaktif,” kata Feny sapaan lekat Febria Rachamanita di Balai Kota Surabaya, ditulis Kamis, 16 Juli 2020, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

Berita selengkapnya baca di sini

10 dari 11 halaman

Siswa di Kota Madiun Dapat Laptop Gratis, Kok Bisa?

Program laptop gratis untuk siswa di Kota Madiun segera terealisasi. Pengiriman laptop HP 240 G7 tahap pertama telah tiba di Madiun dari Jakarta sebanyak 1.425 unit pada Rabu, 15 Juli 2020.

Total ada 5.425 unit laptop yang dipesan Pemkot Madiun untuk memenuhi kebutuhan siswa, sedangkan 4.000 unit lainnya dijadwallkan tiba secara bertahap pada pekan depan.

"Program ini merupakan salah satu upaya mewujudkan Madiun Kota Pintar yang dicanangkan Wali Kota Maidi dan Pemkot Madiun," ujar Heri Wasana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis, 16 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

11 dari 11 halaman

Tanaman Langka asal Venezuela, Bunga Lampion Mekar di Surabaya

Bunga Lampion yang dikenal langka ini rupanya dapat tumbuh subur dan mekar di Surabaya, Jawa Timur. Padahal, di tempat aslinya, pohon ini tumbuh di hutan dengan suhu sekitar 19 – 25 derajat celcius.

Menariknya, bunga yang sekilas bentuknya mirip mawar ini diketahui hanya ada dua di Kota Pahlawan. Yakni, di pedestrian Jalan Sedap Malam dan di sisi kiri Museum Bank Indonesia (BI). Karena bentuknya menggantung seperti mawar, sehingga tanaman ini juga dikenal dengan bunga lampion atau mawar venezuela.

Sedangkan dalam bahasa ilmiah, bunga ini bernama Brownea Grandiceps. Pada Juli 2020 , bunga lampion yang berada di pedestrian Jalan Sedap Malam (Pintu masuk sisi timur Balai Kota Surabaya), rupanya tumbuh mekar. Hal ini tentu semakin menambah estetika kecantikan jalan.

Berita selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.