Sukses

Cara Mahasiswa UM Surabaya Edukasi Virus Corona ke Masyarakat

Dalam kesempatan itu, mahasiswa mengajari masyarakat bagaimana cara menggunakan masker yang tepat, dan mencuci tangan yang baik serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengenali Virus Corona yang saat ini merebak di China.

"Penyebaran Virus Corona begitu cepat. Ada ratusan orang di China yang meninggal dunia akibat virus ini. Maka kami mengedukasi masyarakat Surabaya untuk mengenali dan tidak cemas akan virus ini," kata Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah FIK UMS Saiful Anam di Surabaya, Jumat, 31 Januari 2020.

Puluhan mahasiswa UMS tersebut mengedukasi masyarakat tentang Virus Corona yang awalnya menyebar di Kota Wuhan, China, dengan membagikan selebaran, dilansir dari Antara.

Selain itu, mahasiswa juga mengajari masyarakat bagaimana cara menggunakan masker yang tepat, dan mencuci tangan yang baik serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Saiful mengatakan, sebagai mahasiswa konsentrasi di bidang kesehatan pihaknya merasa bertanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencegahan

Dia menuturkan, mahasiswa kesehatan perlu hadir memberikan pemahaman tentang pentingnya hidup bersih dan sehat sebagai salah satu pencegahan virus ini.

"Masyarakat tidak perlu cemas dan takut tentang Virus Corona. Sebaliknya, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan dan perilaku bersih dan sehat, misalnya, mengetahui cara penularan virus. Gejala umum virus ini adalah demam, batuk dan sesak nafas," tuturnya.

Sementara untuk pencegahannya, yakni mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menghindari makanan daging mentah atau mengonsumsi hewan liar dan menghindari ludah sembarang.

"Maka kami perlu untuk terjun ke masyarakat langsung untuk memberikan edukasi. Meski belum ada kasus Virus Corona di Indonesia, setidaknya kegiatan ini dapat mengantisipasi penyebaran virus tersebut," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.