Sukses

6 Wisata Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Terkenal dengan kawasan industrinya, siapa sangka jika Sidoarjo mempunyai tempat wisata menarik? Simak ulasannya

Liputan6.com, Jakarta - Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kota ini termasuk Gerbangkrtosusila, yaitu Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan. Gerbangkertosusila merupakan penyangga perekonomian di Jawa Timur.

Sidoarjo dikenal sebagai Kota Udang yang berbatasan dengan Surabaya dan Kabupaten Gresik di Utara, di Selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, di Barat berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto, dan di Timur berbatasan dengan Selat Madura.

Sidoarjo juga terkenal dengan kota industri. Namun, di balik semua itu Sidoarjo memiliki banyak tempat wisata yang memesona. Kali ini Liputan6.com akan mengulas beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Sidoarjo, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (8/1/2020)

1. Wisata Lumpur Lapindo

Sidoarjo adalah kota yang terkenal dengan bencana lumpur lapindo. Lumpur panas menyembur sebagian kawasan di Sidoarjo. Kejadian ini membuat kondisi di sekitar kota Sidoarjo berubah menjadi hamparan lumpur.

Namun, warga Sidoarjo tak ingin berlarut-larut dalam kesedihan. Maka, dibuatlah tempat wisata Lumpur Lapindo. Wisata Lumpur Lapindo menyajikan wisata yang unik patung manusia yang seolah-olah tenggelam di dalam genangan lumpur.

Wisata Lumpur Lapindo sudah banyak didatangi wisatawan. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

2. Candi Pari

Tak jauh dari Wisata Lumpur Lapindo, terdapat satu tempat wisata yang unik di Kota Sidoarjo, yaitu Candi Pari.

Candi Pari adalah sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit ketika masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Candi Pari berbeda dengan candi-candi lainnya karena Candi Pari merupakan perpaduan antara pola Candi Khamer (Birma) dengan Candi Champa (Thailand).

Di sini pengunjung bisa menikmati nuansa religi agama Hindu dengan melihat candi yang memesona. Tak hanya itu,pengunjung juga dapat menikmati panorama yang ada di sekitar.

Candi Pari terletak di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. candi Pari berada sekitar 15 KM dari arah selatan pusat kota Sidoarjo. Candi Pari dapat dikunjungi pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Museum Mpu Tantular

3. Museum Mpu Tantular

Jika sedang berada di Sidoarjo, rasanya tak lengkap jika tak mengunjungi salah satu tempat wisata yang memiliki sejarah ini, yaitu Museum Mpu Tantular.

Museum Mpu Tantular mempunyai ribuan koleksi benda purbakala yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di Museum Mpu Tantular terdapat koleksi lukisan-lukisan sampai emas yang dibuat pada zaman purbakala, abad pertengahan, dan lainnya.

Mengutip buku Jalan-Jalan Surabaya, Enaknya Ke Mana? Karya Yusak Anshori dan Adi Kusrianto, museum ini memiliki sembilan koleksi yang dipamerkan melalui bidang arkeologika, numismatika atau museum keuangan, geologika, biologika, seni rupa, etnografika, historika, filogika, dan iptek. Museum Mpu Tantular berada di Jalan Raya Buduran, Kecamatan Buduran, Kota Sidoarjo, Jawa Timur.

4. Delta Fishing Sidoarjo

Selain candi dan museum, Sidoarjo juga mempunyai tempat wisata, yaitu berupa tempat pemancingan ikan bernama Delta Fishing Sidoarjo. Pemancingan ikan ini berada di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Di Delta Fishing Sidoarjo ini pengunjung dapat memancing sepuasnya. Selain memancing, pengunjung juga bisa merasakan permainan flying fox, sepeda air, dan masih banyak lagi permainan di area outboundnya.

3 dari 3 halaman

5. Pazkul Nirwana Village Sidoarjo

5.Pazkul Nirwana Village Sidoarjo

Sidoarjo juga memiliki tempat wisata lain, yaitu Pazkul Nirwana Village Sidoarjo. Pazkul sendiri merupakan singkatan dari pasar kuliner.

Terdapat banyak tanaman dan pohon tumbuh di Pazkul karena tempat ini mengusung konsep Go Green. Tak hanya itu, Pazkul juga mempunyai food court yang modern. Ada panggung di pinggir jalan Pazkul 2. Hiburan lainnya yang ada di Pazkul adalah live music dan juga penyewaan sepeda gandeng untuk berkeliling di tempat tersebut.

6. Alun-Alun Sidoarjo

Jika mengunjungi Sidoarjo, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi alun-alunnya. Alun-alun Sidoarjo. Di Alun-Alun Sidoarjo ini Anda dapat menghabiskan waktu dengan bersantai atau sekadar jalan-jalan.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga seperti jogging. Selain itu, Alun-Alun Sidoarjo juga menjajakan banyak makanan dan jajanan khas Sidoarjo.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengabadaikan momen dengan berfoto di area maskot kota Sidoarjo, yaitu Monumen Jayandaru lengkap dengan Patung Udang dan Bandeng.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.