Sukses

Koarmada II Surabaya Patroli Udara Jelang Tahun Baru 2020

Ada patroli udara maritim membantu kapal-kapal TNI AL yang sedang melaksanakan operasi di wilayah perbatasan NKRI-Malaysia

 

Liputan6.com, Surabaya - Jajaran Koarmada II Surabaya, Gugus Tempur Laut (Guspurla) patroli udara maritim di perairan Selat Makassar dan Kalimantan, dengan menggunakan pesawat Cassa milik TNI AL. Patroli ini untuk memastikan keamanan wilayah perbatasan jelang tahun baru 2020.

"Patroli udara tersebut guna memastikan jika wilayah perairan yang termasuk kawasan perbatasan Indonesia - Malaysia ini aman jelang pergantian tahun baru 2020," tutur Kadispen Koarmada II Surabaya, Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A, Selasa (31/12/2019). 

Sementara itu, Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo yang memimpin patroli tersebut menambahkan, ada patroli udara maritim membantu kapal-kapal TNI AL yang sedang melaksanakan operasi di wilayah perbatasan NKRI-Malaysia dari berbagai aksi ilegal.

"Patroli udara maritim ini bertujuan untuk mengamankan perairan wilayah NKRI dari tindakan-tindakan ilegal di laut, juga potensi kerawanan terhadap penyelundupan narkoba khususnya yang terjadi di wilayah ALKI II dan perairan perbatasan Indonesia-Malaysia,” kata Rahmat, sapaan karib Danguspurla Koarmada II.

Rahmat juga mengatakan, Cassa dipilih untuk membantu patroli udara karena memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah mampu  komunikasi secara langsung dengan unsur KRI maupun Pangkalan TNI AL yang terdekat untuk menindak dan memeriksa obyek sasaran (kapal).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.