Sukses

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Ciptakan Sarung Tangan Infus untuk Anak

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya memiliki ide menciptakan inovasi sarung tangan infus berawal dari persoalan yang sering terjadi di rumah sakit.

Liputan6.com, Surabaya - Empat mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya yakni Putri Lidiyanti, Fatma Aula Nursyifa, Finka Yuanita, Riskiatul Mutamimah menciptakan inovasi sarung tangan infus untuk anak yang diberi nama sarang infus.

Putri Lidiyanti mengatakan, sesuai namanya, sarung tangan infus ini bertujuan mencegah risiko infeksi dari spalk atau alat dari kawat hingga kayu untuk mengunci sendi agar tidak gerak.

"Fungsinya hampir sama dengan produk yang ada di pasaran, tapi dalam penggunaannya produk yang ada masih belum dapat memenuhi fungsi pengurangan 'hospitalisasi' pada anak," kata Putri, Kamis (11/7/2019). 

Putri mengungkapkan, ide menciptakan inovasi sarung tangan infus berawal dari persoalan yang sering terjadi di rumah sakit. Ini akibat tonjolan dari infuset yang mengakibatkan cedera pada palpebra (kelopak) mata dan konjuntiva mata.

Dari masalah itu, kelompoknya membuat inovasi, yang awalnya ada beberapa generasi untuk mengatasi risiko cedera. Setelah itu kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah mulai membuat riset dan menekankan pada desain dan manfaat yang lain. 

Sarang infus berbahan dari katun (menyerap keringan), spons dan duplek (viksasi bagian dalam untuk mengunci) dan elastis banded. Untuk desain, Putri dan kelompoknya masih menggunakan karakter wayang. Dari desain itu, masyarakat merespons dengan baik. 

"Jadi sarung tangan infus mencegah resiko infeksi dari spalek untuk mengunci sendi agar tidak gerak. Mengurangi resiko cidera akibat dari tonjolan infuset, mengungari stres hospytalisasi pada anak, mudah di observasi untuk akreditasi rumah sakit," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Proses SNI

Pihaknya sejauh ini sudah mematenkan produk inovasinya dan masih berusaha untuk memproses SNI. "Ke depannya akan menambah karakter sesuai permintaan konsumen di RS," ujar dia. 

Dosen Keperawatan Anak UMS yang juga pembimbing kelompok Gita Marini menuturkan, kekurangan sementara pada inovasi tersebut ialah riset ilmiah yaitu riset pasar, "positioning" dan segmentasi produk sarang infus.

Sampai saat ini baru RS Siti Khadijah di Sidoarjo dan klinik bersalin Siti Aisyiah Ibu dan Anak di Surabaya yang sudah menggunakannya. Mengenai desain, untuk keberlangsungan pemesanan, pihak CV telah melakukan uji ckba sudah pesan 300 PC, dan diedarkan ke rumah sakit.

"Satu hari kami bisa produksi 10 sarung tangan. Dan kita kasih wawasan untuk kerjasama dengan konveksi. Hak cipta tetap ikut kami. Sementara proses paten produk ini masih kami tunggu," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.