Sukses

Daniel Sahuleka Bingung dengan Sistem Royalti di Indonesia

Daniel Sahuleka tak mengerti dengan aturan pembayaran royalti di Indonesia. Karena kebijakan royalti yang aneh, Daniel sangat dirugikan.

Daniel Sahuleka tak mengerti dengan aturan pembayaran royalti di Indonesia. Sebagai musisi dan pencipta lagu, ia sudah seharusnya mendapat keuntungan dari penjualan album yang melibatkan karya-karyanya.

"Seperti contohnya jika kamu mau beli mobil, kan kamu bayar. Ada orang menyanyikan dan menjual lagu aku, tapi mereka nggak bayar (royalti)," ucap Daniel saat menggelar jumpa pers di Tamarin Cafe, Ibis Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013).

Secara jujur, Daniel mengungkapkan, tak begitu bangga dengan popularitas lagu-lagunya yang memang dikenal pecinta musik di Tanah Air. Ia mengatakan hal tesebut karena kecewa karya-karyanya tak dihargai.

Sementara itu, kuasa hukum Daniel Sahuleka, Kamarudin Simanjuntak meminta pada label rekaman di Indonesia untuk menghormati perjuangan para musisi seperti kliennya. Yakni dengan membayar royalti penuh jika memang pernah menggunakan lagu milik pelantun lagu Dont Sleep Away This Night tersebut.

"Tolong dihargai beliau sebagai penyanyi. Kalau memang mau menyanyikan permisi dulu, minta izin dulu. Mereka (perusahaan label) ada keuntungan di sini tapi pencipta dan penyanyinya tidak dapat apa-apa," kata Kamarudin. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.