Sukses

Ben&Ben Kolaborasi dengan Petra Sihombing dalam Lagu Comets

Lagu Comets yang menawan dan emosional ini ditulis oleh Paolo Benjamin dan Miguel Benjamin, dan diproduksi bersama oleh Petra Sihombing dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Band folk-pop indie Filipina dan peraih banyak penghargaan Ben&Ben kali ini kembali mengajak pendengar dalam perjalanan introspeksi diri dengan merilis single baru mereka pada tahun 2024 “Comets,” yang dirilis pada Jumat 10 Mei 2024. Sebuah single kolaborasi dari dua negara dan juga mengawali perjalanan karir musik dari Ben&Ben di industri musik Indonesia, karena pada single Comets ini Ben&Ben berkolaborasi dengan Musisi dan produser Indonesia yaitu Petra Sihombing. 

Ben&Ben yang dibentuk oleh saudara kembar Paolo dan Miguel Benjamin Guico (vokal utama dan gitar akustik), yang kemudian menamakan diri mereka Benjamins. Yang kemudian mereka berkembang menjadi ansambel dan menambahkan Poch Barretto (gitar listrik), Keifer Cabugao (biola), Patricia Lasaten (keyboard), Toni Muñoz (perkusi), Andrew de Pano (perkusi), Agnes Reoma (gitar bass), dan Jam Villanueva (drum).

Sedangkan Petra Sihombing adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan multi-instrumentalis asal Indonesia. Ia juga dikenal karena karyanya sebagai produser musik, bekerja dengan banyak musisi internasional yang berasal dari Jepang, Singapura, Malaysia, dan Filipina. 

“Comets” adalah lagu emosional yang menyampaikan sifat singkat dari putusnya hubungan dan putusnya hubungan. Meskipun lagu ini mengingat kembali kenangan dengan perasaan campur aduk antara kehilangan dan termenung, pengalaman yang dibawakannya menawarkan harapan dan penerimaan yang cerah, tidak peduli hasil akhirnya. “Meskipun sebagian besar berkutat pada perasaan kehilangan, lagu ini diakhiri dengan realisasi rasa syukur yang penuh harapan—bersyukur karena pernah mengalami semua itu,” ungkap personil Ben&Ben mengenai lagu Comets

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terinpirasi

Menurut Paolo Benjamin dan Miguel Benjamin, penulis lagu di balik “Comets,” lagu pop-rock ini terinspirasi oleh banyak kehilangan orang yang mereka temui di berbagai bagian kehidupan mereka selama empat tahun terakhir: perpisahan, akhir dari persahabatan, berpisah dengan hubungan profesional. 

“Setiap kehilangan muncul proses menyakitkan untuk menanyakan mengapa hakikat kehidupan seperti itu,” ungkap Ben&Ben. “Jawabannya hampir tidak pernah jelas, namun terungkap dalam jangka waktu yang lama. Comets adalah ekspresi dari perjalanan itu, dan berharap dapat membantu pendengar melalui kenyataan ini dalam hidup mereka juga,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Pengulangan

Lagu “Comets” telah mengalami beberapa kali pengulangan sejak band ini mulai melakukan jamming bersama-sama pada akhir tahun 2021. Ben&Ben mengakui bahwa ini adalah salah satu lagu yang paling lama mereka coba selaraskan dan mainkan, dalam istilah aransemen dan struktur lagu.

Akhirnya, Ben&Ben menemukan arah dan visi musik yang tepat untuk lagu tersebut, berdasarkan pengalaman kehilangan mereka sendiri untuk memilih versi yang paling nyaman bagi mereka untuk dikerjakan. Ben&Ben akhirnya merekrut produser Indonesia Petra Sihombing untuk menjadi bagian dari proyek tersebut, menambahkan sentuhan akhir namun penting pada lagu tersebut.

“Dia datang untuk membantu kami membawa lagu ini ke level berikutnya, dengan tambahannya sendiri baik dalam aransemen maupun pasca produksi lagu tersebut,” kenang kolektif beranggotakan sembilan orang itu. “Band ini mungkin sudah merilis sekitar 90% lagunya, tapi 10% milik Petra lah yang benar-benar membantu menjadikan lagu itu seperti sekarang ini,” ujar para personil Ben&Ben.

 

4 dari 4 halaman

Pesan untuk para LIWANAG

Band ini berharap agar LIWANAG, fanbase mereka, dapat memahami kata-kata perpisahan dari lagu tersebut, khususnya baris-barisnya, “walaupun malam-malam ini mulai kelabu, tetap saja aku bersyukur atas apa yang telah berlalu. Saya tahu akan tiba saatnya saya akhirnya mengerti.” Untuk Ben&Ben, rasa syukur dan harapan bisa datang tanpa memahami sepenuhnya “mengapa” di balik semua itu.

“Kita berada dalam perjalanan yang sama untuk menemukan jawaban-jawaban ini – tentang mengapa hidup ini cepat berlalu. Dan dengan harapan itu muncullah kekuatan dan keberanian yang kita butuhkan untuk terus maju, untuk terus mencintai, dan untuk terus menemukan makna dalam pengalaman kita.”

Lagu “Comets” sudah dirilis di semua platform musik digital di seluruh dunia pada Jumat 10 Mei 2024 melalui Ben&Ben Music Production. Semoga kolaborasi dari Ben&Ben dan Petra Sihombing dalam lagu Comets ini bisa menjadi awal langkah dari band ini di industri musik Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini