Sukses

Kompetisi Robotika 2024 Piala Ketua MPR RI Siap Digelar

Kompetisi Robotika 2024 digelar di GOR Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Robotika 2024 Piala Ketua MPR RI bakal digelar di GOR Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur pada tanggal 17-19 Mei 2024. Dengan tema "Inovasi Berkelanjutan di Bidang Robotika Menuju Indonesia Emas 2045", acara Turnamen Robotika ini akan diresmikan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). 

Bamsoet sendiri merupakan Ketua Dewan Pembina PB Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI). Turnamen ini akan memberikan hadiah ratusan juta rupiah, medali, trophy, serta sertifikat yang ditandatangani oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo kepada para pemenang. Ketua Umum PB PRSI, Wahyu Hidayat, menyatakan bahwa turnamen robotika Indonesia ini pertama kali diadakan di Indonesia dan akan menjadi event tahunan.

"Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI adalah ajang untuk mengembangkan dan memajukan bidang robotika di kalangan pelajar, mahasiswa, hingga umum. Kami menguji ketrampilan teknis dan kreativitas dalam merancang, membangun, dan mengoperasikan robot. Turnamen ini diikuti oleh peserta dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Wahyu dalam konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.

Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI merupakan kompetisi antar sekolah atau institusi di Indonesia dalam membangun dan mengoperasikan robot yang mereka buat sendiri. Turnamen ini mencakup berbagai tantangan, termasuk pemrograman, desain mekanik, dan strategi operasional robot.

"Persiapannya sudah mencapai 80 persen dan Minggu depan kami akan mencapai 100 persen. Kami sudah benar-benar siap," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menumbuhkan Minat  

Turnamen Robotik Indonesia, lanjut Wahyu, merupakan platform yang sangat baik untuk menumbuhkan minat siswa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika. 

"Pemenangnya akan dinilai berdasarkan kinerja robot dalam menyelesaikan tugas atau pertandingan melawan robot lainnya. Para pemenang Kejuaraan Nasional Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI akan mewakili Indonesia dalam turnamen robotik internasional 'World Robotic Center Competition' di Singapura bulan September 2024," jelasnya.

Selanjutnya, tambah Wahyu, robotika diharapkan masuk dalam salah satu cabang olahraga di Indonesia dan diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan.

 

 

3 dari 3 halaman

Kategori

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PRSI, Dwi Nugroho Marsudianto, menjelaskan bahwa saat ini ada 7 kategori yang akan dilombakan:

'Robot Sumo': kompetisi robot otonom atau semi-otonom untuk bertanding Sumo.'Robot Soccer': kompetisi robot otonom bermain sepakbola melawan tim lawan.'Robot Line Follower': robot yang dirancang untuk mengikuti garis atau jalur visual.'Robot Kreatif Rancang Bangun': robot yang menghasilkan karya seni atau kreatif.'Robot Transporter': robot khusus untuk tugas transportasi atau pengangkutan.'Robot Amphibious Solar Vehicle': robot kendaraan beroperasi di darat dan air dengan tenaga surya.'Robot Kreatif Smartphone/Wifi-controlled'. 

"Saat ini hampir 400 tim terdaftar dan masih berjalan hingga satu Minggu ke depan. Target kami adalah 700 tim nasional untuk 7 kategori tersebut, dengan partisipasi 3000 peserta dan 10 ribu pengunjung untuk memecahkan Rekor MURI," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini