Sukses

Aktor Louis Gossett Jr Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun, Menang Oscar Lewat An Officer and a Gentleman

Louis Gossett Jr mencetak sejarah sebagai aktor kulit hitam pertama peraih Piala Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Ia meninggal dunia di usia 87 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Hollywood. Aktor legendaris Louis Gossett Jr meninggal dunia di usia 87 tahun. Ia mencetak sejarah sebagai aktor kulit hitam pertama yang menang Piala Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik dalam film An Officer and a Gentleman.

Melansir dari Variety semalam, Louis Gossett Jr meninggal dunia di Santa Monica, California, AS, Jumat (29/3/2024). Pihak keluarga membenarkan kabar sang aktor mangkat dalam sebuah pernyataan resmi.

“Dengan penyesalan yang mendalam kami mengonfirmasi ayah tercinta kami meninggal dunia pagi ini,” demikian pernyataan sikap pihak keluarga tanpa menguak detail penyebab Louis Gossett Jr mangkat.

Setelahnya, mereka berterima kasih kepada publik yang melayangkan doa dan dukacita seraya memohon privasi agar dapat melewati masa perkabungan dengan hati tabah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harap Hormati Privasi Keluarga

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas belasungkawa mereka saat ini. Harap hormati privasi keluarga selama masa sulit ini,” ungkap pihak keluarga.

AP News pada 29 Maret 2024 mengulas, kemenangan Louis Gossett Jr. di Oscar 1983 membuka pintu bagi para seniman kulit hitam maupun berwarna untuk berkompetisi secara sehat.

3 dari 4 halaman

Fenomena An Officer and a Gentleman

Dalam Oscar 1983, ia menang Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat An Officer and a Gentleman setelah melibas Charles Durning (The Best Little Whorehouse in Texas), John Lithgow (The World According to Garp), James Mason (The Verdict) dan Robert Preston (Victor/Victoria).

Selain Piala Oscar, Louis Gossett Jr. memetik kemenangan di Emmy Awards lewat miniseri Roots. Tahun lalu, ia membintangi The Color Purple. Film ini meraih nominasi Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Danielle Brooks.

 

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak Louis Gossett Jr

Lahir di New York, 27 Mei 1936, IMDb mencatat Louis Gossett Jr. debut akting pada 1957 lewat serial The Big Story. Ia tampil sebanyak 2 episode. Empat tahun kemudian, Louis Gossett Jr. debut di layar lebar lewat peran kecil di film A Raisin In The Sun.

Seumur hidupnya, ia telah tampil di 200 film, serial, dan miniseri. Sang aktor hanya sekali meraih nominasi Piala Oscar dan langsung menang dalam An Officer and a Gentleman. Adu aktingnya dengan Richard Gere dalam film ini selamanya akan dikenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.