Sukses

10 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2024, 4 Teratas dari Negara Islam

Tahun ini, Forbes telah menganalisis mata uang terkuat di dunia. Berikut 10 mata uang tertinggi di dunia 2024:

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebagai alat pembayaran yang sah, setiap negara memiliki satuan nilai mata uang yang berbeda. Dari banyaknya mata uang di masing-masing negara, ada 10 mata uang tertinggi di dunia.

Tahun ini, Forbes telah menganalisis mata uang terkuat di dunia. Berikut 10 mata uang tertinggi di dunia 2024:

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia. Setiap KWD1 bisa membeli USD3,26.

Kuwait yang terletak di antara Arab Saudi dan Irak mendapatkan banyak kekayaan dari ekspor minyak global. KWD diperkenalkan pada 1960-an.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain adalah mata uang terkuat kedua di dunia. Setiap BHD1 bisa membeli USD2,65. Bahrain adalah negara kepulauan di Teluk Persia di lepas pantai Arab Saudi.

Seperti Kuwait, negara ini memperoleh banyak kekayaannya dari ekspor minyak dan gas. BHD memasuki sirkulasi pada 1965 dan dipatok ke dolar AS.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rial Oman

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman adalah mata uang terkuat ketiga di dunia dengan OMR1 dapat membeli USD2,60. Oman terletak di antara Uni Emirat Arab dan Yaman di ujung semenanjung Arab. Oman adalah pengekspor utama minyak dan gas. OMR diperkenalkan pada 1970-an.

4. Dinar Yordania (JOD)

Dinar Yordania adalah mata uang terkuat keempat di dunia dengan JOD1 dapat membeli USD1,41.

Yordania sebagian besar adalah negara yang terkurung daratan di Timur Tengah. JOD memasuki sirkulasi pada 1950 dan dipatok ke dolar AS.

5. Poundsterling (GBP)

Poundsterling adalah mata uang Inggris yang menjadi mata uang terkuat kelima di dunia. Setiap GBP1 dapat membeli USD1,28.

Menurut Bank Dunia, Inggris adalah negara terbesar keenam menurut Produk Domestik Bruto (PDB). Mata uang ini pertama kali diperkenalkan pada 1400-an sebelum didesimalisasi pada 1971.

 

3 dari 4 halaman

Pound Gibraltar

6. Pound Gibraltar (GIP)

Pound Gibraltar adalah mata uang terkuat kelima di dunia dengan GIP1 yang dapat membeli USD1,28. Gibraltar terletak di ujung selatan Spanyol dan secara resmi merupakan wilayah Inggris.

GIP pertama kali diperkenalkan pada 1920-an dan dipatok ke pound Inggris. Umumnya, GIP1 sama dengan GBP1.

7. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Dolar Kepulauan Cayman adalah mata uang terkuat ketujuh di dunia dengan KYD1 sama dengan USD1,20. Kepulauan Cayman adalah wilayah Inggris di Karibia dan merupakan pusat keuangan lepas pantai. KYD pertama kali diperkenalkan pada 1970-an.

8. Franc Swiss (CHF)

Franc Swiss adalah mata uang terkuat kedelapan di dunia dengan CHF1 dapat membeli USD1,15. Mata uang ini adalah alat pembayaran resmi yang sah dari Swiss dan Liechtenstein dan dipandang sebagai tempat berlindung yang aman karena stabilitas politik Swiss. CHF diperkenalkan pada 1850.

 

4 dari 4 halaman

Euro

9. Euro (EUR)

Euro adalah mata uang terkuat kesembilan di dunia. Setiap EUR1 dapat membeli USD1,10. Mata uang ini resmi digunakan di Zona Euro yang menjadi 20 dari 27 negara bagian Uni Eropa.

10. Dolar Amerika Serikat (USD)

Banyak yang mengira jika Dolar AS adalah mata uang tertinggi di dunia. Pada kenyataannya, USD berada di urutan ke-10 mata uang tertinggi di dunia.

Dibuat pada 1700-an, USD adalah alat pembayaran yang sah di AS, wilayah AS lainnya, dan negara-negara berdaulat. Mata uang ini juga digunakan di Ekuador dan Zimbabwe.

Berdasarkan PDB, AS adalah ekonomi terbesar di dunia. Sejauh ini, USD merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan secara global.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.