Sukses

Catat! 5 Wisata Bahari di Indonesia Timur Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Indonesia Timur memiliki pesona alam yang ciamik dan tidak kalah dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Timur memiliki pesona alam yang ciamik dan tidak kalah dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya. Salah satu daya tarik Indonesia Timur adalah pesona bahari, khususnya bawah laut yang sangat indah.

Ketika berlibur di berbagai tempat di Indonesia Timur, kamu pun bisa menikmati matahari bersinar begitu eloknya dan ombak menyapa dengan hangatnya. Dengan keindahan itu, pesona alam melalui hamparan keindahan bahari di Indonesia Timur pun tak mungkin terlupakan.

Di sana, kamu juga bisa merasakan bagaimana pasir putih yang lembut di bawah telapak kaki, air laut yang jernih seperti kristal, dan panorama alam yang memukau. So, mau tahu apa saja destinasi wisata bahari di Indonesia Timur yang wajib kamu sambangi? Berikut ini daftarnya!

1. Taman Laut Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, destinasi wisata itu menjadi salah satu primadona wisatawan untuk melakukan scuba diving. 

Wisatawan bisa menikmati keindahan ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Di antara ekosistem karang, terdapat sekitar 3.000 jenis ikan, seperti ikan ekor kuning, kuda ikan gusumi, dan gorapa. Ada juga spesies langka seperti lumba-lumba, sapi laut, dan dugong. 

Selain itu, berbagai jenis ikan hias, seperti Emperor angelfish, Almaco jack, Spotted seahorse, Blue strie snaper, Pinkish basslet dan two lined monocle bream, bakal semakin memanjakan mata.

2. Teluk Cendrawasih

Tak hanya memiliki Raja Ampat saja, Papua juga memiliki wisata bahari yang indah lainnya bernama Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC). Di sini, wisatawan bisa berenang bersama salah satu spesies hiu paus, yakni gurano bintang.

Menariknya, ikan terbesar di dunia ini, merupakan spesies hiu yang ramah. Dengan begitu, para wisatawan pun bisa mengabadikan momen sekali seumur hidup ketika sedang menyelam dan berenang bersama hiu paus tersebut.

3. Taman Nasional Takabonerate

Taman Nasional Takabonerate berlokasi di di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Taman laut ini memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Maldives. 

Selain itu, taman nasional ini juga menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih serta pemandangan alam bawah laut yang menawan. Buat kamu yang senang melakukan diving, snorkeling, dan sunbathing, Taman Nasional Takabonerate sangat cocok untuk disinggahi.

Tak hanya itu, taman nasional ini juga memiliki ciri khas kawanan bayi hiu (baby shark) yang hidup di Pulau Tinabo. Dengan keindahan bahari yang ada di Takabonerate, taman nasional ini sangat cocok untuk kamu yang mendambakan island hopping dalam liburan.

4. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal sebagai Pantai Pink adalah salah satu tujuan wisata bahari yang menakjubkan di Indonesia. Terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pantai ini menawarkan keindahan alam yang memesona dengan pasirnya yang berwarna pink yang langka.

Selain pesona pasirnya yang langka, Pantai Tangsi juga menawarkan pemandangan laut yang jernih dengan nuansa biru yang menakjubkan. Perairannya yang tenang dan dangkal membuatnya cocok untuk berenang dan snorkeling. 

Menariknya, pada pagi hari warna pink akan tampak sekitar 20-30%, sedangkan di siang hari mampu mencapai 50%. Semakin sore, warnanya pun akan terlihat semakin jelas, yakni antara 80-90%.

5. Raja Ampat

"Surga di ujung Papua" merupakan istilah yang cocok untuk disematkan bagi kepulauan Raja Ampat. Pasalnya, Raja Ampat bisa dikatakan sebagai salah satu surganya wisata bahari. 

Perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, berupa 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Dengan keindahan bahari tersebut, membuat Raja Ampat menjadi tujuan wisata bahari bagi wisatawan di seluruh dunia. 

Itu lima destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup. Nah, karena di wilayah Indonesia Timur seringkali masih memiliki kendala dengan jaringan internet dan menghambat kamu dalam mengabadikan momen, XL GO IZI bisa menjadi jurus jitu.

XL GO IZI memiliki kecepatan internet yang terbilang cepat karena kecepatan download mencapai 150Mbps. Dengan kecepatan download yang besar, aktivitas unduh file kerjaan, unggah foto ke medsos, hingga browsing bisa tanpa halangan.

Selain itu, XL GO IZI juga memiliki cakupan sangat luas karena dapat langsung digunakan di dalam dan luar negeri. Kamu bisa mengakses internet di 10 negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Macau, Kamboja, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal.

Untuk yang merisaukan persoalan baterai, mifi ini pun memiliki daya tahan yang lama. Bagaimana tidak? XL GO IZI memiliki kapasitas baterai, yakni 2,050mAh, jumbo bukan?

Lebih menariknya lagi, XL GO IZI juga menawarkan kuota besar dengan harga yang terjangkau. Soalnya, kamu bisa mendapatkan kuota besar 25 GB dengan masa aktif awal 6 bulan.

Dengan kuota sebesar itu, kamu tidak perlu khawatir bakal kehabisan kuota ketika sedang browsing, streaming, mengunduh, dan melakukan aktivitas online lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan kuota besar 25 GB dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp559 ribu (termasuk modem dan paket).

Last but not least, kamu juga tidak perlu repot ketika membawa mifi ini ke mana-mana atau saat liburan. Soalnya, XL GO IZI memiliki ukurannya yang praktis dibawa ke mana saja, yakni 101x64x15mm atau seukuran genggaman tangan saja!

XL GO IZI menjadi jawaban tepat untuk permasalahan koneksi internet jika kamu berwisata di Indonesia Timur. Saatnya aktifkan XL GO IZI melalui Scan QR Code yang disediakan di dalam box XL GO IZI atau bisa juga kunjungi laman ini.

Jangan lupa juga membeli XL GO IZI di Tokopedia atau Shopee  XL Official Store dan melalui XL Center terdekat, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.