Sukses

Klarifikasi Niko Al Hakim soal Dugaan Menelantarkan Kucing Caracalnya hingga Kurus dan Berpenyakit

Rachel Vennya panik dan langsung melarikan satwa liar itu ke dokter hewan.

Liputan6.com, Jakarta Rachel Vennya mengejutkan publik terutama pecinta hewan, setelah mengunggah foto kucing caracal milik mantan suaminya, Niko Al Hakim alias Okin yang diduga ditelantarkan. Kucingnya tampak sangat kurus dan tak berdaya.

Kondisi ini membuat Rachel Vennya panik dan langsung melarikan satwa liar itu ke dokter hewan. Hal ini dia ungkap lewat Instagram Story Exclusive pada Selasa (26/3/2024).

Bisa tenang kah hidup tahu kayak gini? Kalau udah kayak gini teman-teman exclusive saksinya ya. Aku mau bawa anabul ini dan perbaiki gizinya sama ahlinya, kalau sampai diminta balik sih ga waras. Kalau gak bisa rawat, bisa kasih ke orang lain,” tuturnya.

Bersama keterangan itu, dia menyertakan foto lembaran hasil pemeriksaan kucing caracal yang diberi  nama Nala tersebut. Nala memiliki sejumlah gejala klinis sperti anemia, pucat cenderung kekuningan, dehidrasi berat, kekurusan.

"Organ pencernaannya kosong karena tidak ada asupan makan beberapa hari, ada kebengkakan pada organ hati. Disarankan untuk melakukan tes kimia darah dan hematologi dasar. Diagnosis sementara autoimun, anemia, hepatitis, infeksi virus atau bakteri, parasit darah," tulis sang dokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Perbicangan Hangat di X

Postingan Rachel Vennya seketika heboh dibicarakan di media sosial termasuk Twitter. Tak sedikit yang berasumsi bahwa Niko Al Hakim menelantarkan Nala hingga hewan itu berpenyakit.

Tak ingin asumsi buruk bergerak semakin liar, ayah dua anak itu akhirnya memberi klarifikasi lewat Instagram Story miliknya. Niko membenarkan bahwa Nala memang sedang sakit dan karena itu dia tidak tinggal diam. Nala sudah ditangani dokter sejak beberapa hari lalu.

3 dari 4 halaman

Nala Memang Sakit

"Nala memang lagi sakit, kena virus. Setiap harinya dijaga oleh animal keeper dan diberi asupan taurine adri burung dara (nutriale food) sesuai dengan kebutuhannya. Hanya sejak Jumat dalam pantauan dokter karena sakit dan dirawat dulu di rumah beberapa hari untuk obeservasi dan untuk tindakan lebih lanjut. Doain ya cepat sembuh," tuturnya.

Bersama dengan itu, dia menyertakan screen capture dari animal keeper-nya yang memberi informasi terikini kepadanya terkait kondisi Nala. "Malam Pak, mau report kondisi Nala. Ini malam infus botol kedua ya Pak. Hasil check up Nala lebih rincinya nanti saya teruskan chat dokter Nova nya pak," kata sang animal keeper, Jayson.

4 dari 4 halaman

Dagnosis Dikter Pihak Okin

Berikut ini adalah hasil pemeriksaan Nala dari dokter pihak Okin. Isinya tidak jauh berbeda dengan diagnosis dokter yang dipercaya mantan istrinya untuk memeriksa Nala.

"Suhu Nala di bawah normal 36,5, ada kepucatan mengarah kekuningan atau jaundice, dehidrasi berat, kekurusan, lemas dan kurang responsif. Organ pencernaannya kosong karena tidak makan berhari-hari, ada bekas muntahan dan kotor karena air dan pup. Dari pemeriksaan fisik, napas normal, namun pada organ hati atau liver dirasa ada kebengkakan," tulis sang dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.