Sukses

Sebelum Killers of the Flower Moon, Ini 6 Karya Martin Scorsese yang Raih Nominasi Piala Oscar Film Terbaik

Martin Scorsese berkali masuk bursa Piala Oscar. Tahun ini, karya terbarunya, Killers of the Flower Moon panen 10 nominasi termasuk Film dan Sutradara Terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Dunia sepakat Martin Scorsese sinonim dari maestro, jaminan mutu, legenda hidup, dan standar emas sinema. Ia berkali masuk dalam bursa Piala Oscar. Tahun ini, film terbaru Martin Scorsese, Killers of the Flower Moon memborong 10 nominasi.

Nama Martin Scorsese masuk di kategori Sutradara dan Film Terbaik. Lily Gladstone digadang-gadang bakal mencetak sejarah sebagai penduduk pribumi Amerika Pertama yang menggenggam Piala Oscar kategori akting.

Film pertama Martin Scorsese yang menembus nominasi Oscar Film Terbaik adalah Taxi Driver (1976). Namun, ia gagal masuk kategori Sutradara Terbaik. Baru lewat Raging Bull, Martin Scorsese meraih nominasi Sutradara Terbaik kali pertama.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 film karya Martin Scorsese yang meraih nominasi Film Terbaik Oscar sebelum Killers of the Flower Moon. Hayo ngaku, dari daftar berikut ini mana yang sudah Anda tonton?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. The Irishman (2019)

Proyek mahal senilai kurang lebih 159 juta dolar AS atau sekitar 2,4 triliun rupiah ini mempertemukan tiga aktor veteran pemenang Oscar, Robert DeNiro, Al Pacino, dan Joe Pesci. Dari trailernya saja sudah tercium aroma Oscar.

Publik tak heran jika The Irishman menuai 10 nominasi di Academy Awards. Sayang, hanya sebatas nominasi. Film ini pulang dengan tangan kosong. Martin Scorsese kalah oleh Bong Joon Ho. Namun pidatonya membuat Martin Scorsese beroleh standing ovation!

 

3 dari 7 halaman

2. The Wolf of Wallstreet (2013)

Persis 10 tahun lalu, The Wall of Wall Street panen 5 nominasi Oscar untuk Film, Sutradara, Skenario Adaptasi, Pemeran Pendukung dan Utama Pria Terbaik. Dua kategori terakhir atas nama Leonardo DiCaprio dan Jonah Hill. Secara kualitas, jelas ini bukan film buruk.

Sayang, The Wall of Wall Street pulang dengan tangan kosong. Martin Scorsese dipaksa mengakui kesaktian Alfonso Cuaron yang mengarahkan film Gravity. Di kategori utama, The Wall of Wall Street dijinakkan 12 Years a Slave yang diproduseri Brad Pitt.

 

4 dari 7 halaman

3. Hugo (2011)

Oscar yang digelar pada 2012 adalah surat cinta kepada industri sinema dunia. Ada dua nomine film terbaik yang mengisahkan romantika industri sinema. Pertama, Hugo karya Martin Scorsese. Kedua, The Artist tentang era film bisu, garapan Michel Hazanavicius.

Ajaibnya, dua film ini masing-masing meraih 5 Piala Oscar. Hugo menang Tata Artistik, Sinematografi, Efek Visual, Tata Suara, dan Sunting Suara. The Artist membawa pulang piala Tata Musik, Desain Kostum, Pemeran Utama Pria, Sutradara dan Film Terbaik. Wow!

 

5 dari 7 halaman

4. The Departed (2006)

Selentingan di kalangan pemerhati film yang menyebut Martin Scorsese punya “bad luck” saat berlaga di Oscar akhirnya tumbang setelah The Departed yang mempertemukan Jack Nicholson dan Leonardo DiCaprio jadi Film Terbaik. Sang sineas pun menang Sutradara Terbaik.

Hingga kini, ini satu-satunya kemenangan Martin Scorsese sejak Taxi Driver (1976) menembus nominasi Oscar. Menariknya, The Departed yang diadaptasi dari film Internal Affairs malah kalah di Golden Globe, BAFTA, dan SAG Awards. Selera juri Oscar kadang sulit ditebak ya!

 

6 dari 7 halaman

5. The Aviator (2004)

Ini salah satu momen paling mengejutkan dalam sejarah Oscar. The Aviator menjadi Film Terbaik di BAFTA. Ia menang Film Drama Terbaik di Golden Globe Awards. Di Oscar, The Aviator memborong 11 nominasi dan menang 5, sayangnya tidak termasuk Film Terbaik.

Tahun itu, Oscar malah memenangkan Million Dollar Baby milik Clint Eastwood. Dunia syok. The Aviator harus puas dengan piala kategori Penyunting Gambar, Desain Kostum, Tata Artistik, Sinematografi, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Cate Blanchett.

 

7 dari 7 halaman

6. Gangs of New York (2002)

Inilah kolaborasi pertama Leonardo DiCaprio dengan Martin Scorsese. Hasil akhirnya pun tak main-main, Gangs of New York. Kritikus legendaris Roger Ebert menyanjung film ini namun yakin Gangs of New York bukan karya terbaik seorang Martin Scorsese.

Di Oscar tahun berikutnya, Gangs of New York meraih 10 nominasi Oscar termasuk Sutradara dan Film Terbaik namun tak menang satu kategori pun. Lewat film ini, Daniel Day Lewis unggul di BAFTA, SAG, dan Critics Choice Awards. Di Oscar, ia dikalahkan Adrian Brody.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.