Sukses

Daftar Hantaran Pangeran Abdul Mateen kepada Anisha Rosnah, Perhiasan hingga Pisau

Pangeran Abdul Mateen memberikan sejumlah berian, atau hadiah lamaran kepada Anisha Rosnah.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum resmi menjadi suami istri dalam akad nikah yang digelar hari ini, Kamis (11/1/2024), ada proses panjang yang mesti dialui Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah atau Anisha Isa Kalebic. Salah satunya, prosesi lamaran atau Pertunangan Diraja yang digelar pada 9 Januari lalu.

Dilansir dari Borneo Bulletin, lamaran ini digelar di Istana Nurul Iman, terdiri dari prosesi Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja, Pertunangan Diraja, dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja.

Layaknya tradisi hantaran di Indonesia, dalam prosesi royal wedding ini pihak mempelai pria memberikan sejumlah hadiah dan barang kepada pihak pengantin wanita.

Kakak Pangeran Abdul Mateen, Pangeran Abdul Malik, menjadi perwakilan keluarga yang memulai pelaksanaan prosesinya.

Delegasi Pangeran Abdul Mateen datang dengan awang-awang yang membawa sejumlah baki berisi hantaran dan hadiah kepada Anisha Rosnah. Salah satu isinya, surat mahar, berisi tulisan yang menyatakan keinginan sang pengantin pria untuk melamar.

Dalam baki-baki ini juga diletakkan berian—atau hadiah lamaran—seperti sepasang gaun, gelang, anting-anting, dua cincin, ceramai, kelakati, dan pisau.

Dibawa pula 16 dian—lilin seremoni Kerajaan—dan aksesori kebesaran seperti sinipit, pedang dan tombak, tumbak benderangan, kabok, dan panastan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

17 Kali Tembakan Meriam

Setelah disampaikan, hadiah dan lamaran dari perwakilan pengantin pria pun diterima. Tembakan meriam sebanyak 17 kali dikumandangkan di luar Istana Nurul Iman sebagai simbol lamaran sang pangeran telah diterima.

Kemudian Doa Selamat dibacakan khatib, untuk menandakan bahwa hadiah tersebut telah diterima pihak pengantin wanita.

3 dari 4 halaman

Berbedak Pengantin Diraja

Sementara itu, malam sebelum akad nikah, digelar prosesi Berbedak Pengantin Diraja, yang merupakan tradisi turun temurun Brunei Darussalam.

Prosesi Berbedak Pengantin Pangeran Abdul Mateen sendiri, dilakukan langsung oleh Sultan Hassanal Bolkiah, sang istri, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, serta didampingi Putera Mahkota Haji Al-Muhtadee Billah.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Acara hingga 16 Januari 2024

Diberitakan sebelumnya, akad nikah akan digelar di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan. Tiga hari setelahnya, 14 Januari, resepsi pernikahan akan digelar.

Kanal Lifestyle Liputan6.com melansir dari The Scoop, acara ini disebut Majlis Bersanding Pengantin Diraja, dan digelar di Istana Nurul Iman. Dalam momen ini pula para tamu undangan dari seluruh dunia akan hadir.

Pada hari yang sama, parade akan digelar di Bandar Seri Begawan. Royal Wedding ini secara resmi akan berahir pada 16 Januari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.