Sukses

Bella Hadid Mengenang Gaza dengan Pilu: Nakba Kembali Terjadi, Secara Terbuka

Menurut Bella Hadid, kejadian kali ini tak ada bedanya dengan Nakba 1948—saat ratusan ribu orang Palestina terusir dari tanahnya.

Liputan6.com, Jakarta Bella Hadid kembali besuara mengenai kondisi di Gaza yang masih dihajar roket Israel tanpa henti. Pada Senin (13/11/2023), ia mengunggah lebih dari 50 Instagram Stories, khusus membahas soal ini.

Dalam beberapa unggahan awal, ia membagikan ulang sejumlah postingan warganet mengenai kondisi Gaza, sebelum wilayah tersebut dihujani serangan membabi buta Israel. Salah satunya, rekaman kunjungan mendiang chef Anthony Bourdain ke Gaza pada 2013 untuk sebuah tayangan kuliner. 

Diperlihatkan bahwa meski diberlakukan pembatasan-pembatasan, masyarakat Gaza bisa bertahan dengan budaya kulinernya yang kental dengan nuansa bahari.

Kondisi dulu, jauh berbeda dengan sekarang. Ia membagikan postingan warganet mengenai situasi terakhir di Gaza—dan adik Gigi Hadid ini tak jarang memberikan komentar singkatnya.

Salah satunya mengenai foto seorang nenek Palestina, yang kembali menjadi pengungsi untuk kedua kalinya, sepanjang hidup. Menurut Bella, kejadian kali ini tak ada bedanya dengan Nakba 1948—saat ratusan ribu orang Palestina terusir dari tanahnya.

“Nakba terjadi lagi, secara terbuka. Di depan mata kita. Hatiku hancur setiap kali melihat foto mengenai ini. Ini mengingatkanku kepada Teta dan Jido-ku,” tuturnya—menyebut bahasa Lebanon untuk nenek dan kakek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bella Hadid Sebut Opresi Israel Bukan Hal Baru

Dalam unggahan lain, ia membagikan foto Muhammad Ali yang ikut serta dalam unjuk rasa Pro Palestina di Chicago pada 1988. “Dalam intifadah pertama. Opresi dan genosida bukan hal baru. Sama sekali bukan,” tulis sang model.

Ia juga menyoroti pernyataan bahwa polisi Israel melarang protes pro-Palestina. “Ini adalah aksi damai, meminta hak asasi untuk HIDUP. Saat kelompok lain diperbolehkan memiliki kebebasan bersuara/protes tanpa terluka  atau terbunuh. Tuhan akan menjadi satu-satunya jawaban suatu saat nanti.”

3 dari 4 halaman

Bella Hadid: Dunia Hanya Menonton

Bella Hadid juga mengomentari unggahan yang menyatakan bahwa langkah Israel telah menimbulkan krisis yang mengakibatkan kematian karena kelaparan dan dehidrasi. Hal ini diklaim adalah kejahatan yang melanggar hukum internasional.

“Di bawah HUKUM INTERNASIONAL. Dan dunia hanya menonton Israel yang bisa lolos dengan semua ini,” tulis sang model dunia.

4 dari 4 halaman

Bayi yang Tewas

Bella Hadid juga mengomentari unggahan mengenai bayi-bayi yang tewas karena inkubator di RS tak bisa lagi beroperasi karena ketiadaan listrik.

“Hal ini terjadi, dan masih saja dibuat alasan yang membela penjajahan dan pemerintah yang sudah melakukan hal ini selama beberapa dekade,” ia menulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.