Sukses

Renungan Jokowi di Hari Pangan Sedunia, Singgung El Nino Hingga Suhu Bumi Naik Berujung Gagal Panen

Hari Pangan Sedunia diperingati tiap 16 Oktober. Presiden Jokowi menyinggung El Nino dan kemarau panjang yang berdampak serius pada pertanian Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Hari Pangan Sedunia diperingati setiap 16 Oktober. Presiden Jokowi mengunggah kartu digital berisi ucapan Selamat Hari Pangan Sedunia 2023 yang memuat sejumlah pesan penting berisi renungan kondisi bumi akhir-akhir ini.

Selain El Nino, Jokowi menyorot kenaikan suhu bumi yang memantik kemarau panjang. Kemarau panjang ini pun berdampak serius terhadap musim tanam dan panen bagi para petani di Indonesia.

Ini tahun yang berat bagi dunia, tak terkecuali Indonesia. El Nino, kenaikan suhu bumi, kemarau panjang yang menyebabkan gagal tanam dan gagal panen, hingga faktor geopolitik dunia telah mempengaruhi pasokan pangan,” tulis Jokowi.

El Nino, cuaca panas ekstrem, kemarau panjang hingga gagal panen adalah tantangan di Hari Pangan Sedunia tahun ini. Tak hanya Indonesia, dunia pun merasakan dampak cuaca panas ekstrem. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telah Kita Antisipasi

Lewat unggahan di akun Instagram terverifikasi, Senin (16/10/2023), Jokowi mengingatkan bahwa tantangan ini sejatinya telah diantisipasi Pemerintah Indonesia. Salah satunya dengan menyapkan cadangan beras yang cukup.

Semua tantangan itu telah kita antisipasi dengan menyiapkan cadangan beras yang cukup. Dan jauh-jauh hari sebelumnya, infrastruktur yang diperlukan untuk menjaga ketahanan pangan telah kita bangun, dari waduk, ribuan embung, hingga jaringan irigasi,” cuitnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Perencanaan yang Cermat

Persiapan detail sejak awal membuat Jokowi optimistis Indonesia mampu menghadapi masa-masa sukar akibat El Nino. El Nino dan perubahan iklim hanyalah dua dari sekian banyak tantangan global.

Dengan kesiapan dini dan perencanaan yang cermat itulah, Indonesia akan mampu menghadapi segenap tantangan, baik yang sifatnya global maupun yang terjadi di kawasan, juga yang berlangsung lama sampai yang musiman,” Jokowi mengakhiri.

 

4 dari 4 halaman

Tolong Penghijauan

Kartu ucapan Selamat Hari Pangan Sedunia yang diunggah Presiden Jokowi menampilkan aktivitas pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Ada peternak kambing, petani yang merawat tanaman tomat dan semangka, serta peternak ikan gurami.

Tampaknya, lewat unggahan ini, Jokowi ingin mengingatkan Indonesia sejatinya negara kaya dan subur. Pesan ini disambut hangat netizen. “#saveearth #gogreen #savesatwaindonesia #savetheplanet Tolong penghijauannya,” @dimas**** mengingatkan.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.