Sukses

Ivan Gunawan Bakal Bawa Indonesia ke Front Row Paris 2023 Melalui Sentuhan Ratu Majapahit di Koleksi Terbaru

Koleksi Ivan Gunawan yang ditampilkan untuk Front Row Paris 2023 ini memetik ide kreatif dari masa keemasan kerajaan Majapahit ketika dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan menyentuh kota Paris melalui desainer Ivan Gunawan yang akan menampilkan koleksi terbarunya di Front Row Paris 2023 (FRP 2023), The Westin Vendome. FRP adalah program berkelanjutan untuk memperkuat pemasaran produk fashion Indonesia di pasar Eropa, pasar yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fashion dunia.

Koleksi yang ditampilkan untuk Front Row Paris 2023 ini, memetik ide kreatif dari masa keemasan kerajaan Majapahit ketika dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi, ratu yang berhasil menaklukkan nusantara.

Ivan Gunawan menyerap masa kejayaan tersebut dan mentransformasikannya ke gaya hidup fashion modern saat ini. Wujud desain berupa rancangan gaun-gaun malam high fashion dengan karakter khas Ivan Gunawan, yaitu red carpet look, aura selebriti, glamor, dan sexy.

Semua rancangan menggunakan satu warna, yaitu warna emas, kemudian dihiasi dengan ornamentasi kristal dan fringe kristal yang ditata dekoratif gemerlap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Zaman Keemasan Nusantara dan Motif Baru Kreasi Ivan Gunawan

Elemen pakaian ratu Majapahit seperti kemben dan stagen yang fit di badan diterjemahkan menjadi bustier maillot, atau terusan korset (bathing suit), yang saat ini semakin popular dan dikenakan oleh banyak diva musik hingga selebriti.

Bustier maillot dipadankan dengan gaun panjang fit bahan lace yang transparan, ada juga dengan cape dress transparan, lalu dengan pasangan celana palazzo dan blus berlengan gelembung puffy, kemudian dengan ruffle skirt bertingkat yang ditimpa lagi dengan korset.

Bustier ini sendiri diciptakan untuk bisa saling mix and match dengan setiap elemen di dalam koleksi ini. Semua rancangan berdesain timeless, menembus batas trend, sehingga akan mampu untuk tetap digunakan di masa-masa yang akan datang.

Di antara bahan-bahan lace yang digunakan, terdapat dua bahan dengan motif yang diciptakan sendiri oleh Ivan Gunawan, yaitu motif Kipas Renjana (Renjana: Cinta kasih, gairah, dan rindu), berupa susunan kipas repetitif dengan ukuran yang gradual.

Dan motif Pakis Suvarna (Suvarna: Emas), berupa sulur-sulur yang menjulur ke atas menggapai harapan indah.

“Setelah 20 tahun berkarya, ini pertama kalinya saya menciptakan motif sendiri,” ujar Ivan Gunawan.

 

3 dari 5 halaman

Kreativitas Lintas Medium dan Dukungan yang Mendunia

Kehadiran Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023 juga didukung penuh oleh Vibe Indonesia yang dimulai dari kerjasama yang telah terjalin sebelumnya.

Pada tahun 2022, brand tersebut telah menggandeng Ivan Gunawan berkolaborasi dengan menciptakan desain pada media botol kaca dan kemasan untuk beberapa varian, yaitu Vibe Black Tea, Vibe Exotic Lychee, Vibe Peach, Vibe Apricot dan juga Vibe Vodka Premium.

Ivan Gunawan mendesain Vibe dengan konsep mewah dan futuristik yang terinspirasi dari gaya desain Art Deco yang glamor. Produk 100 persen karya anak bangsa itu telah diakui dunia melalui beberapa penghargaan yang pernah diraih dengan beberapa variannya.

Varian-varian itu berhasil mengalahkan beberapa merek dagang dunia lainnya melalui kompetisi yang telah diikuti seperti Asia International Spirits Competition di Hongkong pada tahun 2019 dan juga Ultimate Spirits Challenge di New York pada tahun 2020. Pada kompetisi blind test ini, brand tersebut terbukti dapat mengalahkan merek dagang dunia lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Bahan Kain Berkualitas dan Perhiasan Gemerlap Golden Parade

Kemewahan koleksi Maharani ini juga muncul dari pilihan bahan-bahan yang digunakan oleh Ivan Gunawan. Bahan-bahan tersebut disediakan oleh satu toko penyedia bahan kain bertaraf ‘high-end’ berlokasi di Pondok Indah Mall 2.

Toko bernama Fabric Society itu memiliki berbagai pilihan bahan berkualitas dan jenis dan motif terbaru, sejak 30 tahun lalu telah mensuplai kain-kain mereka ke seluruh dunia.

Pilihan kain yang digunakan di koleksi ini semuanya adalah karya buatan tangan dan berhiaskan kristal, payet dan aplique dengan kualitas tertinggi, didesain khusus sesuai tema ‘runway’.

Bahan akan tampil gemerlap ketika dipergakan oleh para model, yang langkah kaki meraka ditopang oleh sepatu-sepatu dari Lina.

Kegemerlapan koleksi Maharani juga semakin bersinar karena hiasan jewellery dari sebuah brand jenama perhiasan Indonesia yang sudah terbiasa menciptakan customization perhiasan bersepuh white gold, rose gold, dan yellow gold.

Menyambut kolaborasi pertama dengan Ivan Gunawan ini, brand bernama Leciel menghadirkan koleksi aksesori bertema Golden Parade, sebuah persembahan karya seni yang berdetail ornamen cantik dengan desain abstrak, lalu ber-finishing emas khas yang mewah. Masing-masing aksesori dilengkapi dengan aksen batu alam asli, mutiara baroque, dan rhinestone berwarna warni.

Keistimewaan detail semakin kaya dengan sematan elemen-elemen fauna seperti kupu-kupu, capung dan singa. Kupu-kupu melambangkan kebebasan berkarya, capung melambangkan ringan dan unik, lalu singa simbol keberanian dalam kokoh. Ketiga fauna ini mewakili nilai-nilai dan energi positif brand ini untuk Golden Parade.

 

5 dari 5 halaman

Partner Makeup dan Kosmetik Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023

Puncak dari keterlibatan Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023 ini adalah riasan para model yang menggunakan brand kosmetik miliknya untuk menyempurnakan tampilan koleksi Maharani.

Lebih dari itu, Ivan Gunawan juga mendukung desainer-desainer Indonesia lain yang sama-sama tampil di Paris ini dengan brand kosmetiknya sebagai Official Makeup Partner Front Row Paris 2023.

Ini adalah semangat persatuan dari Ivan Gunawan untuk bersama para desainer Indonesia tampil mantap dan percaya diri di arena fashion internasional.

Brand bernama Ivan Gunawan Cosmetics itu memiliki slogan “Effortless Beauty’, diciptakan untuk siapa saja yang bisa dengan mudah memakai riasan. Brand kosmetik Ivan Gunawan itu diformulasikan dengan ringan namun mampu melapisi atau covering wajah dengan cantik natural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.