Sukses

Inspiratif Bak Influencer, Kisah Kesuksesan Muhammad Bahtera Fajri Bangun Toko Sendiri yang Terinspirasi dari Hobi Nge-Game

Muhammad Bahtera Fajri yang terlahir dari orang tua dengan kehidupan cukup sederhana dan tak pernah bergelimang harta, kini telah bangkit dan sukses membangun karier sebagai entrepreneur bak influencer di dunia game.

Liputan6.com, Jakarta Hal yang didambakan setiap orang adalah kesuksesan yang bisa didapat dengan tidak mudah putus asa. Muhammad Bahtera Fajri atau akrab disapa Fajri, seorang pria berusia 25 tahun, telah sukses melaluinya.

Bahkan, Muhammad Bahtera Fajri yang terlahir dari orang tua dengan kehidupan cukup sederhana dan tidak pernah bergelimang harta, telah sukses membangun karier menjadi entrepreneur.

"Saya waktu kecil bercukupan, semua selalu ada sampai harus tinggal berdua dengan mamah," kata pria asal Jakarta ini.

Saat akan menginjak bangku sekolah menengah pertama, Fajri harus pindah bersama ibunya dari Jakarta ke Medan untuk menyambung hidup. Bahkan ketika menginjak bangku SMK, Fajri bersama ibu pernah kesulitan makan hingga harus mengambil beras milik orang lain.

"Makan pun hanya nasi dan garam," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kondisi Keluarga dan Awal Membuat Channel Sendiri

Fajri mengaku sempat tidak menerima kehadiran bapak tiri dan terus memberontak meminta uang jajan lebih banyak. Bahkan, dia mengancam bila tidak diberi uang jajan lebih banyak tidak sekolah. Namun akhirnya Fajri sadar bahwa orang tuanya banyak mengorbankan apapun asal bisa menghidupi keluarga.

"Tapi setelah masuk kelas 2 SMK saya mulai mikir dengan keadaan. Saya melihat wajah mamah saat tidur dengan keadaan capek untuk mencari uang," katanya.

Hingga saat di SMK kelas 3 dirinya sering ikut game tembak-menembak. Fajri bermain game untuk membayar SPP sekolahnya.

"Saat SMK kelas 3 saya juga berfikir kenapa ikut turnamen. Padahal saya bisa membuatnya dan mungkin dapat uang banyak," ujarnya.

Usai tamat SMK dirinya mulai memberanikan diri membuat channel Bahtera TV di media YouTube, yang selanjutnya akan berkembang menjadi bisnis yang sangat menjanjikan di dunia e-sport.

"Bahtera TV awalnya hanya seorang bocah yang membuat berita tentang e-sport dengan cara mencari berita sendiri dan mengeditnya. Akhirnya saya beranikan diri buat acara tournament dan mengajukan proposal ke beberapa brand yang mana saat ini masuk suatu brand topup game online. Saat itu saya bahagia sekali ada yang mau sponsorin walau enggak ada nama," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Dikenal di Kalangan Gamers

Singkat cerita, Bahtera TV menjadi EO yang dikenal di beberapa anak gamers PC ataupun mobile.

"Dulu sakit merintisnya, sampai beli susu anak aja kesusahan dibantu keluarga. Setelah sekian lama saya dapat tawaran dari perusahaan Singapura mendapatkan 200-300 dollar," katanya.

Setelah mengumpulkan modal yang cukup, dirinya membeli komputer bekas seharga 6 juta dan sisanya untuk membeli rumah untuk keluarga.

"Sekian berjalannya waktu akhirnya kenal tentang pertopupan game online," ujarnya, menceritakan bagaimana Bahtera TV berkembang menjadi Bahtera Store, bisnis top up yang menjanjikan di tengah perkembangan industri game.

Dengan tanpa modal, awalnya diabergabung menjadi reseller orang secara gratis. Dan ketika mulai ada modal Rp100 ribu, dirinya belajar cara topup sendiri dan cara mendapatkan modal murah.

"Akhirnya banyak yang gabung jadi resellerku dan namaku mulai dikenal beberapa kalangan," paparnya.

Saat itu perekonomian mulai naik, omset melesat, dan Fajri sanggup merenovasi rumahnya dengan harga ratusan juta rupiah dan membeli PC seharga Rp30 juta.

 

4 dari 5 halaman

Mendirikan Bisnis Top Up Game Bahtera Store dan Sempat Ditipu

Namun di balik kisah kesuksesan dalam membangun bisnisnya, Fajri pernah terperosok ke dalam kebangkrutan. Dia ditipu hingga ratusan juta rupiah oleh supplier-nya, dan depresi karena harus harus mengganti uang kliennya.

"Uangku hilang bahkan hingga 1 perak pun aku enggak ada duit. Aku meminjam sana-sini tapi tak ada menolongku satu orangpun," ujarnya mengenang kisah lalu.

Saat itu dirinya menjual perabotan rumah untuk menyambung hidup dan mencoba kembali peruntungan dalam dunia bisnis.

"Aku sudah putus asa menerima masalah ini, tiba-tiba rezeki datang kepadaku dan mulai bisa bangkit," ujarnya.

 

5 dari 5 halaman

Akhirnya Bangkit Lagi

Fajri mendapatkan banyak tawaran bisnis dan kerjasama dari jaringan dan klien bisnisnya. Saat itu, dengan semangatnya yang tersisa, ia kembali bangkit bahkan usahanya melesat dari sebelum kejatuhannya.

"Dari Bahtera Store ini saya bisa membeli mobil secara cash, memberikan kesempatan umrah untuk orang tuanya, bisa membantu teman-teman yang sedang kesusahan, bahkan bisa memberikan gaji karyawan di atas UMR Medan," ujarnya.

Fajri saat ini memiliki 8 karyawan. Paham dengan pentingnya kesehatan mental, founder Bahterastore.id ini juga memfasilitasi tempat kerja dengan menyediakan PS 5 dan PC khusus gaming.

"Kalo mereka bosen, itu bisa dipakai," ujarnya.

Di atas keberhasilannya, Fajri berterima kasih kepada teman-teman sosial yang sudah membantu usaha hingga kembali berhasil. Menurutnya, semua bisa terjadi karena banyak peran, dan ia mengakui itu semua mengingat setiap manusia memiliki keterbatasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini