Sukses

SOUNEKAT Diapresiasi Alan Walker, Makin Semangat Berkarya di Industri Musik Indonesia

SOUNEKAT merupakan kelompok musik Electronic Dance Music (EDM)

Liputan6.com, Jakarta SOUNEKAT adalah sebuah kelompok musik Electronic Dance Music (EDM) yang semula hanya ingin berkontribusi dalam industri musik EDM di Indonesia. Namun, respons yang luar biasa dari masyarakat di Tanah Air, termasuk pujian dari Alan Walker, seorang DJ terkenal di seluruh dunia, telah memberikan semangat baru bagi SOUNEKAT.

Ceritanya, SOUNEKAT berpartisipasi dalam acara DJ yang diselenggarakan oleh Tiktok Live ID untuk mempromosikan single terbaru Alan Walker dan Sasha Alex Shoan berjudul HERO pada 23 Mei 2023. SOUNEKAT berhasil meraih kemenangan dalam acara tersebut dan berkesempatan bertemu langsung dengan Alan Walker pada 3 Juni 2023.

"Rasanya senang banget, kami mengaguminya. Membuat kami lebih semangat untuk memajukan generasi muda dalam menghasilkan karya-karya musik," ungkap Sri Wahyuni, pendiri SOUNEKAT dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekonomi Kreatif

SOUNEKAT adalah sebuah grup house musik digital yang berbasis pada ekonomi kreatif dan merupakan hasil gabungan dari kata "sound" yang berarti suara dan "nekat". Grup ini didirikan oleh Sri Wahyuni pada 29 Agustus 2021. Awalnya, SOUNEKAT hanya berfokus pada remiks lagu-lagu dan mendistribusikannya melalui platform digital seperti YouTube mulai Juli 2022 dan TikTok di akhir 2022.

"Kehadiran SOUNEKAT mendapat sambutan sangat baik dan antusias dari masyarakat," ujar perempuan kelahiran Jember, Jawa Timur, 30 Agustus 1989 ini.

 

3 dari 4 halaman

Banyak Pengikut

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya pengikut SOUNEKAT di media sosial. Hingga Juli 2023, akun TikTok @sounekat diikuti oleh 513,5 ribu orang dan memiliki 16 ribu pelanggan di YouTube. Sementara itu, di Instagram, dalam waktu kurang dari sebulan, SOUNEKAT telah memiliki 6339 pengikut dan 16 ribu pengikut di Facebook.

Pada 30 Oktober 2022, SOUNEKAT melakukan pelatihan live streaming di TikTok yang dipelopori oleh DJ Debora dan DJ Shella, sebagai upaya untuk mengembangkan kreasi dan memberikan kesempatan bagi generasi muda yang menyukai genre Breakbeat dan Jungle Dutch.

"Setelah 6 bulan live streaming, SOUNEKAT sering mendapatkan peringkat harian yang merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat," tutur Sri Wahyuni.

 

4 dari 4 halaman

Sentuhan Unik

Pada April 2023, DJ Vio bergabung dengan SOUNEKAT dan memberikan sentuhan unik dengan menghadirkan vibes Jepang. DJ Vio adalah seorang Japanofilia yang mahir dalam menari gaya Jawa karena sering mengikuti acara-adat Jawa sejak masih di bangku sekolah.

Dukungan besar dari masyarakat semakin memotivasi SOUNEKAT untuk terus menghasilkan karya-karya yang lebih baik di masa mendatang.

"Dukungan dan apresiasi dari masyarakat menjadi modal dan penyemangat bagi SOUNEKAT untuk terus berkarya dan menghasilkan karya yang lebih baik sesuai dengan harapan masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.