Sukses

Kaesang Pangarep Maju Pilkada Kota Depok Dicap Dinasti Politik, Gibran Rakabuming: Enggak Ada Kewajiban Milih Dia

Gibran Rakabuming Raka seperti masih enggan memberikan dukungannya kepada Kaesang Pangarep saat disinggung mengenai sang adik hendak maju di Pilkada Depok.

Liputan6.com, Jakarta Kaesang Pangarep telah memantapkan dirinya untuk maju ke ajang Pilkada Kota Depok. Kaesang Pangarep menyebut dirinya siap untuk menjadi "Depok Pertama" pada akhir pekan lalu. Kabar baru dari Putra bungsu Presiden Jokowi ini tentu sudah diketahui kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Namun begitu, Gibran Rakabuming Raka seperti masih enggan memberikan dukungannya kepada Kaesang saat disinggung mengenai sang adik hendak maju di Pilkada Depok. Putra sulung Presiden Jokowi itu bahkan tak merekomendasikan warga Depok untuk memenangkan Kaesang di Pilkada.

Hal itu diisyaratkan sang Wali Kota Solo saat diingatkan kembali mengenai adanya tudingan dinasti politik keluarga Presiden Jokowi. Tudingan itu pun menguat setelah Kaesang Pangarep mantap menjadi bakal calon "Depok Pertama".

"Sudah malas banget menjawabnya, soalnya aku bakal diulang-ulang  saja terus (menjawabnya)," ujar Gibran Rakabuming Raka mengawali jawabannya kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, kami kutip dari kanal YouTube Berita Surakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming Tak Memaksa Pilih Kaesang Pangarep

Selanjutnya, Gibran Rakabuming seolah tak memaksa masyarakat Depok untuk memilih adiknya dalam Pilkada Kota Depok yang akan datang.

"Intinya kalau tidak suka Kaesang, tak usah dipilih. Enggak ada kewajiban kok untuk memilih Kaesang, ya," ujar Gibran menegaskan.

3 dari 4 halaman

Restu Jokowi untuk Kaesang Pangarep

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan restu kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024.

Sebaliknya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan restu warga Depok utama dibandingkan restu Presiden Jokowi.

"Ya sudah (kalau Presiden Jokowi sudah merestui), ya sudah. Yang merestui itu warga, bukan Pak Jokowi, bukan ini. Yang merestui itu warga setempat," kata Gibran yang juga Wali Kota Solo, saat ditemui wartawan di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Rabu (14/6/2023).

4 dari 4 halaman

Gibran Minta Kaesang Pangarep Melakukan Pendekatan ke Warga Depok

Selanjutnya, suami Selvi Ananda itu meminta kepada Kaesang Pangarep untuk melakukan pendekatan ke warga Depok dengan silaturahmi maupun kunjungan.

Dengan kegiatan seperti itu, menurut Gibran, nanti akan terlihat apakah Kaesang diterima atau tidak jika nantinya maju di Pilkada Depok.

"Ya sana Kaesang blusukan di Depok, diterima apa enggak. Kuncinya kan itu," ujar Gibran Rakabuming Raka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini