Sukses

6 Rekomendasi Film Indonesia Tentang Keluarga yang Menyentuh Hati, Cocok Jadi Tontonan Bersama Keluarga di Momen Lebaran Idul Fitri 2023

Simak rekomendasi 6 film Indonesia dengan latar cerita mengenai keluarga untuk jadi tontonan kamu di momen lebaran berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Usai satu bulan penuh berpuasa, kini Lebaran Idul Fitri 2023 telah tiba.  Nikmati hari kemenangan buat kita semua. Tentu saja hari lebaran jadi saat yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga.

Silaturahmi, bercanda tawa, serta saling mendengarkan cerita satu sama lain jadi semakin spesial ketika dilakukan di momen lebaran. Salah satu kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di waktu luang liburan bersama keluarga adalah menonton film bersama.

Industri film Tanah Air pun telah banyak memproduksi berbagai film yang menceritakan tentang sebuah keluarga. Beberapa judul film seperti Keluarga Cemara, Miracle in Cell No.7, hingga Si Doel The Movie cocok kamu tonton di momen lebaran ini.

Rasa hangat, kegembiraan, atau bahkan kesedihan dijamin dapat kamu rasakan ketika menyaksikan film-film tersebut. Yuk, simak 6 rekomendasi film Indonesia bertema keluarga!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara tentunya sudah tidak asing di kuping penggemar sinetron hits yang tayang di tahun 90-an. Sinetron tersebut kemudian diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama Keluarga Cemara pada tahun 2019 dan dibuat pula film sekuelnya Keluarga Cemara 2 (2022).

Film ini dibintangi oleh Ringgo Agus (Ayah) Nirina Zubir (Emak), Adhisty Zara (Euis), Widuri Putri Sasono (Cemara). Kamu bisa saja merasa relate dengan kehidupan keluarga satu ini yang selalu mempertahankan hubungan mereka meski diterpa berbagai masalah.

Sudah pernah nonton? Tenang saja, menonton ulang kebersamaan Cemara dan keluarganya ini tidak akan membuat kamu merasa bosan, kok.

3 dari 7 halaman

2. Sabtu Bersama Bapak

Bagi kamu yang mungkin merindukan sosok Ayah, film Sabtu Bersama Bapak adalah film drama keluarga yang cocok untukmu. Film ini bercerita tentang Gunawan (Abimana Aryasatya) dan Itje (Ira Wibowo) sebagai pasangan suami istri.

Mereka berdua  hidup bahagia di sebuah rumah yang sederhana. Sampai suatu saat, Gunawan divonis menderita penyakit kanker dan meninggal dunia. Setelah kepergian sang suami, Itje merawat kedua anaknya Satya dan Cakra sampai dewasa.

Konflik terjadi setelah Itje mengetahui dirinya divonis kanker payudara, sementara Satya dan Cakra sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan baru mereka.

4 dari 7 halaman

3. Miracle in Cell No.7

Mengisahkan tentang kasih sayang seorang Bapak kepada putrinya,  Miracle in Cell No. 7 yang dibintangi oleh Vini G. Bastian ini merupakan hasil adaptasi dari film populer asal Korea Selatan dengan judul yang sama.

Dalam film ini, penonton akan diajak melihat problema Dodo Rozak (Vino G. Bastian) yang dijebloskan ke penjara atas tuduhan telah memperkosa dan membunuh seorang anak kecil. Dodo yang memiliki keterbatasan mental ini harus berpisah dengan putri semata wayangnya yang bernama Kartika (Graciella Abigail).

Untungnya selama dikurung di penjara bernomor sel 7, kawan-kawan Dodo membantunya untuk membawa sang putri, Kartika, masuk menyelinap ke dalam ruang tahanannya. Pastikan kamu menyiapkan tisu untuk menyeka air mata ketika menonton film ini.

5 dari 7 halaman

4. Ngeri-ngeri Sedap

Film Ngeri-ngeri Sedap adalah salah satu film keluarga yang menjadi trending di masa perilisannya. Ngeri-ngeri Sedap menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga batak dengan ayah ibu dan anak bungsu yang tinggal di kampong, sementara ketiga anak lainnya merantau dengan kesibukannya masing-masing.

Kehabisan ide agar dapat membuat ketiga putranya pulang kampong, suami istri itu pun membuat skenario berpura-pura berkelahi. Kamu dijamin akan terharu menyaksikan bagaimana perjalanan keluarga yang satu ini menyelesaikan masalah yang sudah terpendam sejak lama. 

Oiya, visual tanah batak dalam film ini juga akan memanjakan mata mu, lho!

6 dari 7 halaman

5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Salah satu film keluarga Tanah Air yang baru adalah film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau kerap disebut NKCTHI oleh penggemar film. Diadaptasi dari novel karya Marchella FP dengan judul yang sama, film drama ini mengisahkan tentang masalah orang tua dan ketiga anaknya.

Tiga kakak beradik yang bernama Angkasa, Aurora, dan Awan awalnya memiliki kehidupan yang bahagia dengan kesibukan masing-masing. Namun, lama kelamaan mereka mendapatkan tekanan dari kedua orangtua hingga mendorong pemberontakan.

Kamu akan diajak melihat bagaimana keluarga ini menghadapi pertikaian yang terjadi di antara mereka.

7 dari 7 halaman

6. Si Doel The Movie

Si Doel The Movie ini merupakan kelanjutan dari kisah cinta segitiga Doel, Zaenab, dan Sarah di sinteron yang berjudul “Si Doel Anak Sekolahan”. Cerita film ini berfokus memperlihatkan dilemma yang dirasakan si Doel.

Perasan rindu mengantarkan si Doel ke Belanda untuk menemui Sarah yang sudah 14 tahun menghilang dari kehidupannya. Dalam perjalanannya itu, si Doel baru mendapati fakta bahwa dirinya mempunyai seorang anak laki-laki dari Sarah. Di lain sisi, si Doel telah mengikat janji pernikahan dengan Zaenab.

Kamu akan ikut menebak-nebak siapa kah yang Doel pilih jadi wanita idamannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.