Sukses

Ahmad Dhani Larang Once Mekel Nyanyikan Lagu Dewa 19 Tapi Tidak untuk Ari Lasso, Ungkap Perbedaannya

Ahmad Dhani tidak melarang Ari Lasso untuk menyanyikan lagu Dewa 19.

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani tetap pada keputusannya, melarang Once Mekel menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Diakui Dhani, pelarangan itu juga sudah disepakati LMK WAMI (Wahana Musik Indonesia), lembaga manajemen kolektif tempat Dhani bernaung.

Ahmad Dhani mengatakan, urusan larangan itu bisa ditanyakan langsung kepada WAMI. Bahkan, Dhani juga mengutip penjelasan profesor Agus tentang eksklusivitas sebuah karya lagu. 

"Saya sudah koordinasi dengan WAMI bahwa saya melarang seseorang yang bersama EO, Elfonda Once itu tidak diberikan izin ketika menggunakan lagu saya. Dan itu sudah disepakati WAMI," kata Ahmad Dhani di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

"Jadi silakan tanya saja ke WAMI. Karena tadi sudah dijelaskan Pak Prof Agus, bahwa lagu itu adalah hak yang paling eksklusif dan bahkan tidak bisa diatur oleh undang undang," sambung Dhani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hak Eksklusif

Dilanjutkan Dhani, pemberian hak eksklusif kepada WAMI untuk tidak memberikan izin penggunaan lagu bukan hal baru. Sejauh yang Dhani tahu, Rieka Roeslan dan Badai juga melakukan hal sama.

"Rieka Roeslan sudah memberikan hak eksklusifnya kepada WAMI bahwa The Groove tidak boleh menyanyikan lagu lagunya Rieka. Begitu juga Kerispatih tidak boleh menyanyikan lagu Badai," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Berlaku untuk Ari Lasso

Dhani mengatakan, pelarangan itu tidak berlaku untuk Ari Lasso. Ahmad Dhani pun mengungkap alasan membolehkan Ari Lasso lewat sebuah analogi.

"Ari Lasso waktu SMA itu dia ilmu tambah tambahan, pengurangan, bagi bagian sama perkalian bagus. Kalau Once ini mungkin waktu ilmu bagi bagian mungkin nggak masuk dia. Bisanya cuma kali kalian sama tambah tambahan. Waktu bagi bagian bingung," urai Dhani.

 

4 dari 4 halaman

Tak Mau Memperpanjang

Terlepas dari larangan menyanyikan lagu Dewa 19, Dhani tak ingin memperpanjang pertikaiannya dengan Once.

"Ya udah kita lupain aja, yang penting ke depannya. Perdebatan ini sudah selesai," pungkas Ahmad Dhani. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini