Sukses

Ahmad Dhani Tegaskan Hubungannya dengan Once Mekel Tetap Baik Meski Melarang Bawakan Lagu-Lagu Dewa 19

Ahmad Dhani masih membebaskan Once menyanyikan lagu-lagu ciptaannya yang bukan untuk Dewa 19.

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani telah mengumumkan bahwa dirinya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Namun secara spesifik, Once Mekel tidak diizinkan menyanyikan lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani yang dibawakan oleh Dewa 19.

Hal itu dilakukan menyusul rencana Dewa 19 melakukan tur dalam waktu dekat.

"Jadi hari ini, saya akan mengumumkan secara pribadi, menurut Dirjen HAKI, ada sebuah hak daripada pencipta. Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa19 sejak saya ucapkan di media hari ini," kata Ahmad Dhani saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Selasa (28/3/2023).

"Kenapa? Karena Dewa 19 saat ini sedang melakukan tour setelah lebaran itu setiap minggu dua kali. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu jalannya tour," sambungnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selain Lagu Dewa 19

Meski begitu, Ahmad Dhani masih membebaskan Once menyanyikan lagu-lagu ciptaannya yang bukan untuk Dewa 19.

"Once dilarang menggunakan lagu-lagu Dewa dalam konsernya. Lagu-lagu Ahmad Dhani yang lain boleh, khusus lagi Dewa aja. Lagu-lagu saya yang ada di T.R.I.A.D, lagu saya di Ahmad Band, di Reza Artamevia boleh, spesifik di Dewa aja (yang nggak boleh)," lanjut Ahmad Dhani.

 

3 dari 4 halaman

Tak Ada Masalah

Di luar itu, Ahmad Dhani mengatakan bahwa hubungannya dengan Once hingga saat ini masih baik-baik saja. Karena target Ahmad Dhani sejatinya ditujukan kepada EO yang seharusnya membayar royalti, bukan kepada Once.

"Saya sih ke sini gak ada masalah sama Once, sejak awal saya bilang yang harus bayar itu bukan Once tapi EO, makanya di IG saya, yang saya tanya maksudnya itu EO, yang gak bayar siapa nih, gitu," jelas Ahmad Dhani lagi.

 

4 dari 4 halaman

Sampai Waktu yang Belum Ditentukan

Sementara itu, Ahmad Dhani sendiri belum memutuskan sampai kapan aturan ini berlaku. Yang pasti, selama Dewa 19 masih menggelar tur, Once dilarang menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 di konsernya.

"Sampai saya ngumumin lagi nanti. Saya nggak mau ada Once nyanyi lagu Dewa 19 di konser lain, itu bisa mengganggu Dewa. Jadi inget ya, Once tidak boleh membawakan lagu-lagu Dewa 19, kalau nyanyi lagu saya yang lain, boleh," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.