Sukses

Heboh Artis Inisial P Diduga Terlibat Pencucian Uang, Netizen Tebak-Tebakan Sebut Nama Saking Penasaran

Liputan6.com, Jakarta Temuan Indonesia Audit Watch (IAW) atas dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan satu perusahaan hingga melibatkan deretan artis, tengah menjadi perbincangan panas. Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus, menyampaikan bahwa ada artis inisial P yang ikut terlibat di dalamnya.

Meskipun artis inisial P yang dimaksud tak disebut sebagai pelaku, namun netizen Tanah Air tetap penasaran dengan sosok yang dimaksud oleh pihak Indonesian Audit Watch tersebut. Ditambah lagi, Iskandar Sitorus membeberkan bahwa dugaan tindak pidana pencucian uang ini juga melibatkan sejumlah pejabat dan artis-artis lain.

Mengintip akun Instagram @lambeturah_official, terlihatĀ beberapa netizen jadi detektif dadakan dengan menuliskan sejumlah nama yang mereka duga sebagai artis inisial P yang dimaksud. Hasilnya, banyak nama-nama selebriti yang menjadi dugaan sementara para netizen.

Dalam pernyataan kepada wartawan, Iskandar Sitorus menyebut sosok artis inisial P dengan sebutan mbak, mengindikasikan ia adalah seorang wanita. Netizen pun menuliskan deretan nama artis atau mantan artis perempuan yang ada di Indonesia.

2 dari 5 halaman

Tebak-Tebakan Netizen Atas Artis Inisial P yang Disebut Terlibat Pencucian Uang

"Pinkan Mambo, Prilly Latuconsina, Paula Verhoeven, paquita, Paramitha Rusady, Popppy mercury, prisa, Prilly Priscilla, Peggy melati Sukma, Pamela Bowie, Pevita Pearce, pretty asmara, Prisia Nasution, putri Marino, Putri Titian,* ada yang bisa nambahin lagi ga daftar artis perempuan yang awalan namanya dari p, yang gw tau cuma itu," tulis netizen pemilik akun Instagram @yin*** kami lansir dari komentar di akun Instagram @lambeturah_official.

Dua nama yang disebut di atas, diketahui telah meninggal dunia, yaitu Pretty Asmara dan Poppy Mercury. Netizen lain pun mengingatkan agar tak sembarangan menulis nama.

Namun begitu, tetap banyak yang mengaku penasaran dengan sosok yang dimaksud meskipun ada juga yang mengaku heran lantaran kasus ini mencuat di hari pertama puasa bulan Ramadan 2023.

"Baru sahur udah disuruh mikiršŸ˜¢," tulis @fit***.

"Baru mulai puasa udh dikasih tugas aja netizen utk mikir šŸ˜‚," kata @wul***.

Selain itu, banyak juga netizen yang malah mempelesetkan nama artis bukan inisial P yang dipaksakan menjadi inisial P.

Ā 

3 dari 5 halaman

Temuan Indonesian Audit Watch Soal Pencucian Uang yang Melibatkan Pejabat dan Artis

Temuan Indonesian Audit Watch menyebutkan bahwa seorang artis wanita inisial P diduga terlibat dalam tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang nilainya sebesar Rp4,4 triliun.

Disampaikan Iskandar Sitorus selaku Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW) bahwa pihaknya menemukan satu perusahaan milik pemerintah provinsi yang mengalirkan dana komisi selama 2018 hingga 2022.

Selain itu, ditegaskan juga bahwa dugaan tindak pidana pencucian uang itu melibatkan sejumlah pejabat daerah hingga deretan artis Tanah Air. Awalnya, Iskandar Sitorus membeberkan temuan Indonesia Audit Watch (IAW) perihal biaya komisi dari sebuah perusahaan yang dialirkan kepada sejumlah pejabat.

Namun jumlah komisi dari perusahaan itu lebih besar dari keuntungannya. Setelah itu, barulah ia menyebut ada seorang artis wanita yang ikut terlibat di dalamnya. Ia juga menyebut bahwa tindak pidana pencucian uang salah satunya dilakukan dengan modus endorsement kepada figur publik termasuk para artis.

Ā 

4 dari 5 halaman

Menyenggol Artis Inisial P yang Disebut Terlibat Pencucian Uang

Iskandar Sitorus lalu menyebutkan bahwa uang komisi tersebut dijadikan sebagai bayaran dalam bentuk bisnis endorsement kepada deretan figur publik dan selebriti alias artis Tanah Air. Ia lalu menyebut adanya indikasi seorang artis wanita berinisial P yang terlibat dalam kasus ini.

"Lalu kalau kita lihat bisnis-bisnis sekarang ini, seperti bisnis endorsement, itu rata-rata mereka diberikan salary Rp500 juta sampai Rp1 miliar per bulan. Nah kami mengharapkan, publik agar hati-hati terhadap bisnis-bisnis yang luar biasa irasional, hal-hal yang diberikan sebagai jasa kepada public figure Indonesia," terangnya.

"Kami berharap agar public figure tak terjebak pada membantu para pelaku kejahatan untuk mencuci uangnya menjadi putih. Contoh kami harapkan agar mbak P, inisial P, tidak lagi meneruskan pola-pola demikian supaya tidak sukses orang-orang jahat ini mencuci uang hitamnya menjadi putih. Harapan kami demikian,ā€ ujarnya mengungkapkan.

Ā 

5 dari 5 halaman

Masih Ada Artis Lain yang Terlibat Selain Inisial P

Selanjutnya, Iskandar Sitorus membeberkan bahwa ada beberapa nama artis selain inisial P yang terlibat TPPU bermodus endorsement ini.

"Kami berharap agar nama ini tidak bertambah. Tapi, melihat jumlahnya, kecenderungan mereka menggunakan pola meng-endorse hal-hal yang buruk supaya terlihat menjadi baik di tengah-tengah publik, ini tentu sangat banyak," terang Iskandar.

"Kami yakin bukan hanya artis atau selebritis berinsial P. Kami berharap agar jumlahnya tidak bertambah. Tapi kami sangat yakin 4,405 triliun bukanlah uang yang sedikit," sambungnya.

"Bukan yang cuma satu bisnis, karena di beberapa daerah bertumbuhan skincare-skincare yang kami duga bagian dari uang ini," ia melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.