Sukses

Avatar: The Way of Water Menang Efek Visual Terbaik di Oscar 2023, Mengulang kesuksesan 13 Tahun Lalu

Avatar: The Way of Water kembali bersinar di Oscar 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Film Avatar: The Way of Water memenangkan kategori Efek Visual Terbaik di Oscar 2023 yang dilangsungkan di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (12/3/2023).

Avatar: The Way of Water menang melawan empat film pesaingnya seperti, All Quiet on the Western Front, The Batman, Black Panther: Wakanda Forever dan Top Gun: Maverick.

Pada tahun 2010, atau 13 tahun yang lalu, film bagian pertamanya yang berjudul Avatar juga meraih penghargaan yang sama. Piala kemenangan sekuel Avatar ini diterima oleh Joe Letteri, Richard Baneham, Eric Saindon dan Daniel Barrett.

Di ajang Oscar tahun ini, Avatar: The Way of Water juga meraih sejumlah nominasi seperti Best Picture, Best Sound and Best Production Design.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenangan 13 Tahun yang Lalu

Dikutip dari Gold Derby, sekitar 13 tahun yang lalu, Avatar juga bersinar terang di Oscar. Flm ini memenangkan tiga piala penghargaan, yaitu Sinematografi Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Efek Visual Terbaik.

Banyak pakar penghargaan mengira Avatar juga akan memenangkan hadiah utama untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di tahun itu, tetapi ternyata film ini kalah dari The Hurt Locker dan sutradaranya Kathryn Bigelow, yang kebetulan adalah mantan istri James Cameron.

3 dari 3 halaman

Tantangan Menggarap Avatar: The Way of Water

Dalam sebuah wawancara, artis efek visual Joe Latteri, mengungkap tantangan menggarap sekuel Avatar. "Saat kami tahu ceritanya, ada banyak diskusi mengenai terkait efek spesifik yang dibutuhkan," ujarnya.

"Air jelas menjadi unsur terbesar, lalu bagaimana dengan karakter? lebih banyak karakter yang memiliki dialog dalam film ini, lebih banyak jenis karakter baru, yang tua, muda, spesies berbeda," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.