Sukses

Perjuangan Olivia Tan Hingga Meraih Runner Up-2 Miss Charm 2023, Dibantu Tangan Ajaib Ivan Gunawan

Ivan Gunawan adalah salah satu orang yang membantu Olivia Tan sehingga ia bisa tampil dengan maksimal Miss Charm 2023

Liputan6.com, Jakarta - Olivia Tan yang sebelumnya dikenal dengan nama Olivia Aten, berhasil meraih posisi Runner Up-2 kontes kecantikan Vietnam, Miss Charm. Edisi pertama ajang ini baru dilaksanakan 16 Februari 2023 lalu. Olivia adalah kontestan asal Indonesia pertama yang berkompetisi pada ajang yang dilaksanakan di kota Ho Chi Minh tersebut.

Ratu kecantikan kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat yang aktif sebagai kreator konten perjalanan dan pariwisata ini mengikuti rangkaian karantina yang berlangsung sejak tanggal 3-15 Februari 2023.

Selama karantina, Olivia Tan dinilai sangat konsisten dalam menjaga performanya. Ia selalu mengenakan dress dan jumpsuit unik dengan warna yang beragam, dari warna violet hingga merah terang. 

Salah satu kunci dari penampilan apik Olivia adalah bantuan tangan ajaib sang maestro, Ivan Gunawan.

Perlu diketahui, bahwa Olivia berpartisipasi di ajang Miss Charm 2023 secara mandiri. Ia tidak berada di bawah naungan suatu organisasi kecantikan tertentu. Tidak seperti saat ia menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Global.

Melihat perjuangannya yang gigih, Ivan Gunawan pun menawarkan untuk membantu Olivia Tan dalam proses persiapan menuju Miss Charm 2023.

Melalui Instagram Story pribadinya @iam_oliviatan, Olivia memposting sebuah video reaksi dirinya yang menangis terharu ketika dihubungi oleh Ivan Gunawan melalui DM Instagram dan diajak untuk bertemu.

Sejak saat itu, Olivia cukup sering bertemu dengan sang Indonesian Queen Maker untuk melakukan berbagai persiapan, seperti training catwalk hingga membahas outfit apa saja yang akan ia kenakan selama perhelatan Miss Charm 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Baru, Keberuntungan Baru

Tak hanya membantu persiapan dalam hal penampilan, desainer yang akrab disapa dengan nama Igun ini juga membantu Olivia dalam melakukan rebranding.

Seperti dilihat di instagramnya pada tanggal 14 Desember 2022, tampak kebersamaan Olivia dan Ivan Gunawan saat keduanya sedang bertemu.

Caption pada postingan tersebut berisikan rasa terima kasih Olivia Tan kepada Ivan Gunawan dan juga orang-orang yang menjadi tim sukesnya.

Terlihat pula pada baris terakhir captionnya, wanita yang bernama asli Olivia Aten itu menuliskan bahwa kini dia sudah menemukan nama baru yang diharapkan dapat membawa keberuntungan baginya “Now now!! I FOUND MY LUCKY NAME it is Olivia Tan”, tulisnya.

Sejak itu, nama instagramnya pun berubah, dan ia mulai lebih dikenali dengan nama Olivia Tan.

Entah kebetulan atau memang takdir, benar saja nama baru tersebut terbukti membawa keberuntungan bagi Olivia hingga dapat berprestasi di Miss Charm 2023.

3 dari 4 halaman

Olivia Senang Dapat Banyak Dukungan

Meskipun mengatur banyak keperluan secara mandiri, Olivia Tan merasa bersyukur karena selalu mendapat dukungan dari banyak pihak, tak hanya Ivan Gunawan.

Pada salah satu Story yang ada pada Highlight Instagram miliknya, Olivia mengucapkan bahwa meskipun ia mengatur berbagai hal sendiri, dirinya merasa bahwa ia berjalan dengan dukungan seluruh bangsa Indonesia.

Tepat pada hari akhir tahun 2022 lalu, Bandara Soekarno Hatta dipenuhi oleh beberapa kerabat dan suporter Olivia Tan yang siap menemaninya sebelum ia bertolak ke Vietnam untuk melaksanakan karantina (31/12/2022).

Berpakaian serba warna merah dan putih, mereka terlihat memegang berbagai papan dan spanduk bertuliskan nama Olivia Tan sambil melambai-lambaikan bendera Indonesia.

Olivia Tan sangat senang dan berterima kasih atas dukungan dan cinta yang ia dapatkan dari penggemar kontes kecantikan dan orang-orang di  sekitarnya. Ia pun berjanji akan membuat mereka semua bangga.

Tak hanya di Bandara, bahkan hingga malam final ada banyak masyarakat Indonesia yang hadir langsung ke Teater Hoa Binh, Vietnam untuk secara langsung memberikan semangat kepada Olivia Tan agar tampil maksimal di ajang bergengsi tersebut.

Tentu saja Olivia bersyukur karena dapat membuat semua pihak yang mendukungnya bangga dengan prestasi yang ia dapatkan sebagai Runner Up-2 Miss Charm 2023.

4 dari 4 halaman

Kurang Beruntung di Miss Global Internasional 2022

Sebelum menjadi Miss Charm Indonesia 2023, Olivia sempat terpilih sebagai Miss Global Indonesia yang berkompetisi di ajang Miss Global International 2022.

Kala itu, Indonesia menjadi tuan rumah dari perhelatan ajang yang diikuti oleh 63 perwakilan negara dari seluruh dunia. 

Diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center di Bali pada 11 Juni 2022 lalu, pelaksanaan malam final Miss Global 2022 tersebut dimenangkan oleh Shane Tormes, perwakilan dari negara tetangga FIlipina.

Wakil Filipina, sang juara juga merupakan teman sekamar Olivia Tan selama masa karantina. Sayang sekali, saat itu Olivia harus terhenti di babak 13 besar. Tetapi di sisi lain, Olivia berhasil memenangkan penghargaan kostum nasional terbaik pada kontes tersebut.

Tidak mau menyerah dari pengalamannya di Miss Global 2022, akhirnya memang perjuangan Olivia Tan berbuah manis di kompetisi lain, Miss Charm 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.