Sukses

Duduk Perkara Gibran Rakabuming Dituding Terima Sumbangan Kadrun, Usai Pulang dari UEA Bawa Rp 233 Miliar

Pekan lalu, seorang netizen menuding Gibran Rakabuming menerima sumbangan dari kadrun. Bintang film Sesuai Aplikasi ini bereaksi di muka jurnalis.

Liputan6.com, Jakarta Jagat maya dihebohkan aksi seorang netizen menuding Gibran Rakabuming menerima sumbangan kadrun. Ini bermula ketika ia pulang dari Uni Emirat Arab (UEA) membawa dana hibah 15 juta dolar AS atau sekitar 233 miliar rupiah.

Putra sulung Jokowi bertolak ke UEA, 25 Desember 2022, dan pulang ke Tanah Air, awal 2023. Dana hibah dari Pangeran UEA, Sheikh Khaled bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, ini untuk memperbaiki sejumlah fasum di Solo.

Gerombolanmu teriak kadran-kadrun, giliran dapat sumbangan kadrun paling gercep! Asem tenan!” cetus akun @sula**** di Twitter. Mendapati cuitan ini, Gibran Rakabuming Raka tak tinggal diam.

Di depan awak media, ia balik mempertanyakan makna kadrun dan kepada siapa sebenarnya “gelar” ini ditujukan. Jika yang dimaksud UEA, maka Gibran Rakabuming menolak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kadrun Itu Siapa?

Kadrun ni sopo, kok iso-isone UEA di-kadrun-kadrunke (Kadrun itu siapa, kok bisa-bisanya UEA di-kadrun-kan),” katanya kami lansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Berita Surakarta, Minggu (8/1/2023).

Gibran Rakabuming meyakini, akun tersebut hanya oknum yang iri dengan pencapaiannya pada akhir 2022. Karenanya, Wali Kota Solo mengimbau publik jangan menggubris oknum macam ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jauh Dari Kadrun

“Jauh dari kadrun. Enggak ada hubungannya ya (dengan UEA). Enak saja. (Cuitan) itu hanya orang-orang yang iri, enggak usah digubris,” bintang film Sesuai Aplikasi mengimbau.

Awal Januari 2023, Gibran Rakabuming membenarkan dapat hibah 15 juta dolar AS atau sekitar 233 miliar rupiah sepulang dari UEA. Proses pencairan hibah diharapkan beres paling lambat akhir Januari 2023. 

4 dari 4 halaman

Enggak Usah Nyinyir

Gibran Rakabuming menyadari, akan selalu ada mulut nyinyir yang berkicau meski ia telah bekerja semaksimal mungkin. Karenanya, ia melontar sindiran balik kepada para haters.

“Enggak usah nyinyir, ikut berangkat saja. (Daripada cuma nyinyir mending) ikut berangkat, ikut cari dana,” cetus Gibran Rakabuming kepada jurnalis di Solo, awal tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.