Sukses

Najwa Shihab Sering Dicecar Warganet soal Tak Berhijab, Begini Jawabannya

Liputan6.com, Jakarta - Najwa Shihab sering ditanya soal dirinya yang hingga kini belum berhijab. Pertanyaan itu semakin banyak bila dia mengunggah foto bersama ayahnya, Quraish Shihab.

Maklum, ayah Najwa Shihab adalah tokoh agama terkenal, jadi pertanyaan mengapa tak berhijab tak bisa dihindari. Apalagi, saudara perempuannya pun telah berhijab.

"Yang paling sering sampai sekarang 'Kok enggak pakai jilbab?' paling itu sih. Selalu tuh dan jadinya aku menemukan jawaban ketika ditanya itu," ungkapnya kepada Ashanty di kanal YouTube Ngobrol Asix, Kamis (16/9/2022)

"Aku kan bersaudara lima orang, empat perempuan, semua saudara perempuan dan ibuku sebenarnya berjilbab, cuma aku yang enggak berjilbab," imbuhnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Jawaban Najwa

Setiap kali mendapat pertanyaan yang sama, Najwa Shihab akhirnya memiliki jawaban pamungkas.

"Aku akhirnya menemukan jawabannya gini, abi tuh sudah pernah nulis buku lengkap soal itu, soal jilbab. Kalau memang betul-betul mau tahu, mau belajar, silahkan cari literatur soal itu, salah satunya buku yang abi tulis," ia menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Mengapa Tak Menjelaskan Langsung?

Ibu satu anak ini enggan memberi penjelasan di media sosial karena khawatir dipahami secara berbeda-beda oleh setiap orang.

"Karena aku ngerasa mereka bertanya bukan untuk mau tahu tapi untuk menghakimi. Dan kalau kita terlibat dalam tanya jawab yang terbatas di media sosial, apalagi tulisan nuansanya kan beda dengan ngobrol," tuturnya.

"Pakai tulisan huruf besar aja dikiranya marah, tanda seru tiga dipikir apa, jadi kan terbatas nuansa emosinya dalam tulisan," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Baca Buku

Jadi, Najwa merekomendasikan untuk membaca langsung buku karangan ayahnya untuk mendapat jawaban mengapa dia belum berhijab.

"Kalau mau tahu ada banyak buku, pelajari ini salah satu bukunya abi mudah-mudahan bisa menjawab. Karena ini bukan penjelasan yang cukup dalam satu atau dua kalimat," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.