Sukses

5 Rekomendasi Kartun Ramah Anak dan Mendidik, Nonton Online Semuanya Gratis di Vidio

Liputan6.com, Jakarta Pertengahan tahun menjadi waktu yang paling ditunggu khususnya untuk anak sekolah karena adanya libur panjang kenaikan kelas. Momen ini menjadi hal yang menyenangkan sekaligus tantangan untuk para orang tua. Alasannya, mungkin beberapa dari Anda belum memiliki rencana untuk berlibur bersama anak.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengajaknya menonton serial kartun yang edukatif tentunya masih dalam pengawasan Anda. Mengakses kartun pun kini bisa dilakukan secara streaming salah satunya melalui aplikasi Vidio. 

Berikut ini sudah kami rangkum 5 rekomendasi kartun anak yang menghibur dan mendidik. Deretan kartun animasi ini bisa menjadi sarana untuk bermain dan belajar terutama untuk balita usia lima tahun. Semua kartun di bawah ini bisa Anda saksikan secara gratis di aplikasi Vidio.

2 dari 7 halaman

Baby Bus

Salah satu kartun ramah anak untuk balita adalah Baby Bus. Ya, animasi yang satu ini memang serupa seperti Pinkfong Baby Shark karena memiliki seri berbeda dengan tema yang berbeda pula.

Kartun ini mengusung konsep seperti video pendek yang siap mengajarkan anak cara berhitung, belajar tentang warna, dan lain sebagainya. Durasi yang singkat membuat anak-anak tidak merasa cepat bosan. 

Kartun Baby Bus sendiri cocok disaksikan untuk anak usia dini hingga umur 5 tahun. Tak perlu takut terkendala bahasa, karena semua seri Baby Bus di Vidio sudah didubbing dengan Bahasa Indonesia.

3 dari 7 halaman

JunyTony

Bagi Anda yang ingin tayangan serupa dengan Baby Bus, namun menggunakan Bahasa Inggris, bisa langsung mengajak anak menonton JunyTony. Seri animasi yang berasal dari Korea Selatan ini siap menghadirkan lagu-lagu hingga cerita pendek yang menarik untuk disimak oleh anak-anak.

Karena menggunakan Bahasa Inggris, tentunya hal ini menjadi nilai tambah sendiri ketika si kecil menonton JunyTony. Anak bisa secara bersamaan belajar bahasa baru dan juga hal-hal yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sama seperti Baby Bus dan Pinkfong Baby Shark, kartun JunyTony terdiri dari berbagai seri yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan anak Anda. Seri ini meliputi seri keluarga, seri binatang, seri petualangan, dan masih banyak lagi.

4 dari 7 halaman

Tayo

Butuh yang tayangan yang lebih ceria agar si kecil lebih banyak melakukan aktifitas fisik? Anda bisa menyuguhkan kartun Tayo untuk buah hati Anda. Cerita Tayo di sini bukan hanya sekedar kisah Tayo The Little Bus saja, tapi ada juga lagu-lagu anak dengan tema yang berbeda.

Kartun Tayo memiliki seri yang beragam dengan tema kehidupan sehari-hari. Tidak berbeda dengan kartun yang lain, Tayo juga mengajak anak berhitung, belajar mengenal huruf, mengenal angka, hingga nama-nama benda.

Di Vidio, kartun Tayo yang disajikan juga memiliki dua versi yakni kartun dengan Bahasa Inggris dan juga dubbing Bahasa Indonesia. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan si kecil.

5 dari 7 halaman

Pororo

Sama seperti Tayo, Pororo juga hadir sebagai media pembelajaran anak dengan cara yang menyenangkan. Di Vidio, kartun Pororo tersedia dalam dua versi yakni kartun Bahasa Inggris dan yang sudah didubbing dengan Bahasa Indonesia.

Untuk konsepnya sendiri,animasi Pororo menggunakan teknik penceritaan karakter yang memiliki narasi. Anak akan melihat bagaimana karakter-karakter yang bermain terlibat dalam kegiatan sehari-hari seperti pergi ke rumah sakit ketika sakit dan lain sebagainya.

Dari cerita-cerita pendek ini, kemudian masuklah pesan yang mengajak anak untuk belajar dari apa yang dialami oleh karakter dalam kartun Pororo. Misalnya saja bahwa pergi ke dokter tidak menakutkan seperti yang mereka bayangkan.

6 dari 7 halaman

Kisah Legenda Putri

Setelah puas bernyanyi, belajar dan bermain bersama, Anda bisa menutup hari si kecil dengan menonton kartun Kisah Legenda Putri. Animasi yang satu ini menghadirkan cerita pendek yang bisa menjadi pengganti cerita dongeng.

Setiap episode yang hadir menawarkan cerita legenda populer dari beberapa daerah di Indonesia. Hal ini tentunya memberikan nilai tambah sendiri karena bisa memperkenalkan anak dengan budaya lokal.

Kisah Legenda Putri juga dikemas dalam durasi yang singkat sehingga tidak membuat si kecil cepat bosan. Anda bisa menemaninya menonton bilamana ada istilah atau hal-hal yang mungkin menjadi pertanyaan untuk anak.

7 dari 7 halaman

Nonton Kartun Gratis di Vidio

Itu tadi 5 rekomendasi kartun anak yang menghibur, interaktif, dan pastinya edukatif. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak lebih dari sekedar kegiatan menonton saja. Untuk beberapa kartun yang mengajak bernyanyi sambil menari, hal ini bisa mengasah motorik si kecil di masa pertumbuhannya.

Tunggu apalagi? Saatnya download aplikasi Vidio untuk nonton kartun online terbaik dan gratis. Vidio juga bisa diakses melalui Smart TV sehingga pengalaman menonton jauh lebih puas.