Sukses

Top Gun: Maverick Dapat Standing Ovation Sampai 5 Menit di Festival Film Cannes

Liputan6.com, Jakarta Film Tom Cruise yang terbaru, Top: Gun: Maverick, diputar pertama kali dalam festival film prestisius, Festival Film Cannes pada Rabu (18/5/2022) lalu. Dalam kesempatan tersebut, rupanya film sekuel dari Top Gun tahun 1986 tersebut menuai sambutan meriah dari penonton.

Dilansir dari Variety, Sabtu (21/5/2022), dalam pemutaran perdana ini penonton disebut ikut terhanyut dengan adegan yang disajikan di layar. Mereka ikut memberi respons sepanjang pemutaran, termasuk saat Val Kilmer yang memerankan Iceman di film aslinya muncul.

Pemutaran film ini, diakhiri dengan standing ovation selama lima menit dari hadirin.

Saat diberi kesempatan bicara, Tom Cruise mengungkap perjalanan panjang hingga akhirnya Top Gun: Maverick berhasil ditayangkan. Seperti diketahui, film ini harusnya dirilis pada 2019, namun diundur setahun untuk menajamkan soal special-effect. Nahas, pandemi Covid-19 kemudian melanda dunia sehingga perilisannya kembali ditunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bahagia

"Ini adalah malam yang hebat, dan waktu yang hebat..," kata Tom Cruise. Ia melanjutkan, "Sudah 36 tahun sejak Top Gun pertama, dan kami harus menagguhkannya selama bertahun-tahun karena pandemi," tuturnya. 

Tom Cruise berulang kali mengucap kebahagiaannya bisa bertemu dengan para penikmat sinema, apalagi saat ini keadaan dunia telah jauh lebih baik daripada sebelumnya. 

"Aku membuat semua film ini untuk kalian, dan aku begitu diberkahi atas apa yang kulakukan," kata dia. 

 

3 dari 4 halaman

Di Atas Jet Tempur

Top Gun: Maverick memang merupakan film yang istimewa bagi Tom Cruise, yang juga berperan sebagai produser. Ia terlibat langsung dalam melatih para pemain, termasuk syuting di atas pesawat jet tempur sungguhan, F-18S.

Untuk adegan terbang, para aktor Top Gun: Maverick melewati sejumlah tahap sebelum bisa menumpangi pesawat F-18s. Awalnya, mereka dilatih dengan menumpang pesawat dengan satu mesin, dan melakukan gerakan akrobatik  di udara. "Ini untuk membangkitkan pemahaman spasial mereka dalam pesawat," kata Tom Cruise, dalam video promosi yang dirilis studio beberapa waktu lalu. 

Selanjutnya, lanjut aktor 59 tahun ini, mereka berlatih dengan menggunakan pesawat L-39. "Mereka terbang dan melakukan gerakan akrobatik untuk merasakan bagaimana rasanya di pesawat jet," ia menjelaskan. 

Sutradara Joseph Kosinski lantas menambahkan, "Dari sini, mereka lulus dan bisa pindah ke F-18s.

 

4 dari 4 halaman

Sinopsis Top Gun: Maverick

Setelah 30 tahun lebih menjadi penerbang unggulan di Angkatan Laut, Pete “Maverick” Mitchell (Tom Cruise) kini berhadapan dengan sejumlah pilot muda. Tugasnya kali ini, adalah meltih mereka, dalam misi khusus yang belum pernah dihadapi sebelumnya. 

Ia juga berjumpa dengan Bradley Bradshaw (Miles Teller) alias “Rooster,” putra dari mendiang sahabatnya, Nick Bradshaw, atau “Goose." Mampukan Maverick menyelesaikan tantangan ini sekaligus menghadapi masa lalunya?