Sukses

6 Fakta Mama Dahlia Ibunda Kiki Farrel Meninggal Dunia, Sedang Berjuang Lawan Kanker Usus

Liputan6.com, Jakarta - Aktor dan pesinetron Kiki Farrel dirundung duka. Mama Dahlia, ibunda Kiki Farrel meninggal dunia pada Kamis, 12 Mei 2022. Mama Dahlia meninggal dunia karena penyakit kanker usus yang diidapnya.

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Kiki Farrel sudah membagikan informasi mengenai kondisi kesehatan Mama Dahlia yang terus mengalami penurunan kondisi kesehatan. Mama Dahlia sampai kesulitan mengasup makanan.

Pasalnya, ia selalu muntah saat bersantap. Solusinya, makanan dimasukkan ke tubuh Mama Dahlia lewat selang infus. Fakta medis lain yang memilukan hati bintang sinetron Terlanjur Cinta dan Tukang Bubur Naik Haji, ada tumor baru di tubuh ibunya. Ini salah satu pemicu Mama Dahlia susah makan.

“Saat ini kondisi mama sangat buruk sekali. Sampai ada tumor yang menutupi saluran air seni jadi saat ini mama sedang melakukan pembedahan agar air seni dapat keluar melewati jalur lain,” tulis Kiki Farrel mengabarkan melalui unggahan di Instagram pada Minggu (17/4/2022) sambil mengunggah dua foto ibunya.

Berikut ini, 6 fakta Mama Dahlia yang merupakan ibunda Kiki Farrel meninggal dunia seperti dirangkum Liputan6.com

2 dari 7 halaman

1. Diumumkan Kiki Farrel

Kabar duka datang dari Kiki Farrel. Sang ibunda tercinta, yang akrab disapa Mama Dahlia, meninggal dunia pada Kamis (12/5/2022) pukul 6.30 WIB.

Kabar memilukan ini disampaikan langsung oleh sang aktor melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. 

3 dari 7 halaman

2. Ucapan Selamat Jalan

Kiki Farrel mengucapkan selamat jalan untuk sang ibu tercinta. "Innalillahi wa innailaihi rojiun," tulisnya pada Kamis pagi.

Bersama keterangan itu dia menyertakan foto Mama Dahlia sedang tersenyum. Kala itu, kondisinya masih tampak sehat.

4 dari 7 halaman

3. Kanker Usus

Mama Dahlia, menderita sakit kanker usus sejak beberapa tahun lalu. Sempat sembuh usai dioperasi, sel kanker kembali aktif dan menyebar ke organ paru-paru.

Sebelum wafat, Mama Dahlia harus hidup dengan bantuan alat-alat medis. Sebab, sejumlah organnya telah kehilangan fungsi.

5 dari 7 halaman

4. Cerita Sedih Jelang Lebaran

Beberapa hari sebelum Mama Dahlia meninggal dunia, Kiki Farrel juga sempat membagikan cerita terkait kondisi ibunya jelang Lebaran. Menurut pria kelahiran Jakarta tersebut, peristiwa itu begitu menguras hati dan tenaganya.

"Sungguh menguras hati dan tenaga. 1 mei jam 7 pagi mama dilarikan ke IGD karena pee nya ga bisa keluar dari selang. Setelah nunggu 9 jam dokter spesialis datang dan kita pulang tiba dirumah tepat adzan maghrib," tulis Kiki Farrel pada Senin, 2 Mei 2022 lalu.

6 dari 7 halaman

5. Tanda Akan Pergi

Kiki Farrel menceritakan, kondisi mendiang ibunya masih belum juga membaik usai Sholat Eid. Hal tersebut pun membuat dirinya harus mengurus Mama Dahlia pada hari Lebaran.

"2 mei jam 3 subuh kita semua kaget karena mama seperti memberikan tanda akan "pergi". Semua adik kaka dan keponakan mama kumpul," lanjutnya.

 

7 dari 7 halaman

6. Dimakamkan

Kiki Farrel begitu terpukul mengetahui sang ibunda meninggal dunia. Ia tak berhenti menangis atas kepergian sang ibunda. Tak hanya itu, bintang film Raksasa Dari Jogja ini tak kuasa menerima kenyataan bahwa sang ibunda sudah pergi untuk selama-lamanya. Ia jatuh pingsan.  

Meski begitu, pesinetron Belenggu Dua Hati ini masih bisa mendengarkan kultum sebelum sang ibunda disalatkan, walau harus terisak.

Bintang FTV ini juga menjadi salah satu yang mengangkat keranda jenazah Mama Dahlia dan mengantarkannya ke peristirahatan terakhir di kawasan Ciputat, Tangeran Selatan.