Sukses

Kronologi Meninggalnya Mama Dahlia Ibunda Kiki Farrel, Tenang Seperti Orang Tidur

Liputan6.com, Jakarta Ibunda Kiki Farrel, Mama Dahlia, meninggal dunia pada Kamis (12/5/2022) pagi. Dia wafat setelah berjuang selama beberapa tahun terakhir melawan sel kanker dalam tubuhnya.

Usai pemakaman, pihak keluarga mengungkap kronologi meninggalnya Mama Dahlia. Wanita paruh baya ini memang sudah dirawat di rumah oleh keluarga.

Malam sebelum meninggal, Mama Dahlia masih bisa berinteraksi. Ada kebiasaan yang tidak dilakukannya sejak Rabu malam.

"Dari semalam mama tidur, biasanya mama setiap malam ada keluhan di perut karena sebulan ini urinenya pakai kateter. Jadi sering mengeluh kateternya macet," ujar pihak keluarga dikutip dari YouTube Cumicumi pada hari yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Interaksi

Mama Dahlia tak lagi berinteraksi seperti biasanya. Keadaan ini berlanjut hingga Kamis pagi sebelum meninggal dunia.

"Tapi semalam setelah minum obat, tidur sampai tadi pagi biasanya ada interaksi, tapi pas dikasih obat sudah enggak ada interaksi tapi napasnya masih ada," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Seperti Orang Tidur

Tak lama setelah minum obat di pagi hari, Mama dahlia pun mengembuskan napas terakhir. Dia meninggal dengan sangat tenang.

"Lalu dilanjut 30 menit setelah obat dikasih susu. Setelah minum susu sudah enggak ada. Meninggalnya (sekitar) jam 7 pagi. Saat itu juga enggak ada sesak, kayak orang tidur. Enggak ada kesakitan," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Sakit

Sebelumnya, Mama Dahlia mengalami penurunan kondisi kesehatan dalam beberapa pekan terakhir. Ibunda Kiki Farrel itu sempat divonis kanker usus pada 2017 dan sempat pula dinyatakan sembuh.

Pada 2019, kanker tersebut tumbuh lagi. Ada pula tumor yang menutupi saluran kencing. Sebelum wafat, Mama Dahlia hidup dengan bantuan alat-alat medis. Sebab, sejumlah organnya telah kehilangan fungsi.